Mengenal Wotagei Dan Jenis-Jenisnya

Wotagei atau otagei adalah sorakan atau gerakan tari khas yang dilakukan oleh penggemar ketika menonton konser-konser idola Jepang. Wotagei adalah bentuk memberikan dukungan dalam acara-acara yang dilangsungkan oleh idola atau seiyu.Kata wotagei atau otagei merupakan singkatan dari aidoru [w]otaku no gei (gei berarti seni). Melakukan wotagei disebut utsu. Berikut ini adalah jenis-jenis wotagei,

1. Wotagei Orthodok

Gerakan ini merupakan gerakan wotagei & Chant yang paling dasar dalam wotagei, dan wotagei ini dulu khusus untuk mengiringi IDOL saja. Gerakan yang sering dipakai dalam wotagei ini:

Kecha (ケチャ): Gerakan yang berpusat pada pangkal lengan bagian bawah, mengayunkan lengan ke depan mendukung Idol di panggung.

Matrix (マトリックス): Diambil dari film Matrix dimana Neo mengelak peluru dengan melentingkan badannya kebelakang (kayang) di adegan tempat Helikopter mendarat.

Mawari (マワリ): Melompat sambil berputar di tempat yg sama sambil bertepuk tangan di atas kepala.

OAD: AKA, Over Action Dolphin. Sebuah bentuk tepuk tangan yang sangat heboh (meniru lumba-lumba).

PPPH: Pan Pa-Pan Hyu, tepuk tangan 4 ketukan dan melompat.

Romeo (ロミオ): Gerakan satu tangan diatas kepala diambil dari adegan Romeo dan Juliet, ketika Romeo menyembah mencoba meraih Juliet.

Romance (ロマンス): Gerakan menunjuk keatas secara menyamping
dari kiri – kanan – kiri – kanan – kiri – kanan – kiri – dan selanjutnya.

Rozario (ロザリオ): Membentuk salib dengan kedua tangan yang berarti membuat janji setia dengan Idol diatas panggung.

2. Wotagei Kontemporer

Wotagei yang satu ini merupakan Wotagei Orthodok yang telah di modifikasi sedemikian rupa ditambah gerakan yang energik, supaya gerakan yang dihasilkan rapi dan indah dilihat, ditambah dengan lightstik yang bersinar. Wotagei ini juga dilakukan untuk mengiringi soundtrack anime, soloist dan grup band. Gerakan dinamis di wotagei kontemporer cukup indah, sehingga banya sekali orang , jepang khususnya mempelajari gerakan ini, dan menjadi tren.

Contoh wotagei JKT48:

Uda tau kan sekarang kenapa fans AKB48 dan JKT48 selalu menari heboh tiap nonton konser 😀

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya