Mengenal Shiatsu Massages, Pijat Ala Jepang

Definisi ‘Shiatsu’ adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Jepang yang terdiri atas dua unsur yang berarti ‘jari’ (Shi) dan ‘tekanan’ (atsu). Istilah ini digunakan untuk menjelaskan suatu bentuk terapi yang diakui oleh pemerintah jepang. Salah satu ciri dari terapi ini adalah banyaknya penggunaan tekanan statis pada titik accupoint yang tepat, dimana titik dan garis accupoint tersebut di dalam bahasa jepang ini disebut ‘tsubo’,  juga digunakan dalam pengobatan akupunktur atau tusuk jarum dan dalam bahasa Inggris tsubo ini juga disebut accupoints’ (titik-titik pijat).

ShiatsuPoints

IMG_0873

Garis yang menjadi tempat semua titik-titik tadi disebut sebagai ‘meridian’ juga banyak dikenal baik dalam teori maupun praktek dari disiplin ilmu pengobatan oriental yang lain seperti akupunktur dan pengobatan herbal. Oleh karena itu tidaklah mengherankan bila Shiatsu juga sering disebut dengan ‘acupressure'(akupresur),

Panjang sesi Shiatsu

Setiap sesi Shiatsu biasanya berlangsung antara 40 menit dan 1 jam. Sesi ini biasanya terjadi di atas tikar empuk di lantai.

IMG_0884

IMG_0885

Sesi sering diawali dengan peregangan lembut dan teknik manipulasi untuk membantu merangsang pergerakan energi dan untuk mengendurkan otot. Tekanan dapat diterapkan untuk kedua daerah yang luas serta poin tepat dan bervariasi sesuai kebutuhan tubuh. Kadang-kadang tekanan dapat bersikap lembut dan menenangkan. Kadang-kadang tekanan dapat sangat merangsang. Jumlah dan jenis tekanan tergantung pada kebutuhan khusus individu.

Manfaat Shiatsu

Shiatsu dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan berbagai kondisi. Shiatsu juga dapat membantu seorang individu dengan pengembangan diri dan penyembuhan diri; menyeimbangkan penyebab kondisi; dengan mempertimbangkan fungsi fisik dan psikologis, kesehatan mempromosikan dan memperkuat kemampuan tubuh sendiri penyembuhan.

Shiatsu adalah pengalaman yang sangat santai dan teratur Shiatsu sesi membantu mencegah penumpukan stres dalam kehidupan sehari-hari. Setelah perawatan Shiatsu, individu mungkin memiliki perasaan vitalitas meningkat dan relaksasi.

Beberapa manfaat fisik langsung dari Shiatsu adalah untuk:

  • Merangsang sistem peredaran darah, limfatik dan hormon.
  • Mengatur aktivitas sistem saraf otonom.

Gallery Foto Shiatsu


IMG_0882

IMG_0881 IMG_0880

IMG_0879

IMG_0878

IMG_0877

IMG_0876

IMG_0875

IMG_0874

 

Menurut Mr. Nobutaka Mochizuki (manager jcul) setelah melakukan pijat shiatsu badan akan terasa relax, ringan dan sehat kembali. Beliau menambahkan saat ini di Indonesia, khususnya di Bali sudah banyak terdapat therapist yang ahli pijat shiatsu ala Jepang.

Jadi, kita tidak perlu datang jauh-jauh ke Jepang untuk menikmati massages ini.  Ada yang sudah pernah mencoba?

Sumber: www.johnbauld.com

  1. jfa23
    5 tahun yang lalu

    hahahaha adminnya sendiri jadi kelinci percobaannya ya

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya