Mengenal Lebih Dekat Kepolisian Di Jepang

Departemen kepolisian Jepang, khususnya Tokyo Metropolitan Police merupakan organissasi polisi yang besar yang dirancang untuk dapat menghadapi kejahatan terorganisir dan kelompok politik radikal.

polisi di Jepang1

polisi di Jepang2

polisi di Jepang3

Polisi di Jepang memiliki kekuatan yang luar biasa. Kita dapat ditahan selama 23 hari untuk diinterogasi tanpa tuduhan, tanpa jaminan yang ditawarkan dan tanpa perwakilan hukum. Banyak warga asing yang datang ke Jepang berpikir bahwa kedutaan besar mereka di Jepang dapat membebaskan mereka dari situasi ini. Tapi ternyata ini salah, karena tidak ada kedutaan besar yang dapat melakukannya. Sebagian besar terdakwa di Jepang mengakui kesalahan mereka ketika diinterogasi.

japan-police

Kendaraan Polisi

Kepolisian di Jepang berusaha mencoba untuk mudah dilihat di komunitas masyarakat. Penggunaan sepeda untuk patroli sangat umum digunakan.

police-in-japan-on-bicycle

Penggunaan mobil kecil (mobil kei) dengan kapasitas mesin 660 cc seperti ini juga umum digunakan.

police-kei-car

Untuk keadaan darurat dan untuk patroli di jalan tol, mereka menggunakan sedan limusin seperti Toyota Crown (3.0L V6)

typical-japanese-police-car-477 Polisi Jepang juga menggunakan sepeda motor seperti Honda Interceptor (800 cc).Motor polisi jepang juga sering di modifikasi agar bisa menderek mobil yang mogok di jalan.

800px-Japanese_HONDA_VFR800P_police_motorcycle

police-in-japan-on-bicycle1

 

police-in-japan-1 police-in-japan-2 Selain itu kepolisian Jepang memiliki kendaraan anti huru hara. Kendaraan ini digunakan untuk menangani aksi-aksi demo, menjaga keamanan pada event-event dan festival yang dipadati oleh jutaan orang.

japanese-police-in-action-477


japanese-riot-bus-477 Departemen kepolisian yang besar juga memiliki helikopter untuk patroli di udara.

japanese-police-helicopter-477

Kendaraan-kendaraan darurat di Jepang dilengkapi dengan lampu darurat yang berwarna merah (sirene). Kendaraan ini termasuk mobil polisi, ambulans, dan mobil pemadam kebakaran.

Di Jepang, polisi selalu menyalakan lampu mereka ketika patroli. Hal ini tidak selalu ditunjukkan agar kendaraan lain untuk menepi. Ketika polisi ingin kalian untuk menepi, maka mereka akan menggunakan sirene. Mereka juga akan menggunakan megafon atau pengeras suara untuk memberikan instruksi.

Polisi Jepang menggunakan megafon untuk banyak keperluan. Misalkan untuk memberitahu bahwa mereka akan menerobos lampu merah. Polisi juga menggunakan megafon untuk memberikan peringatan, misalkan “mobil biru! Dilarang untuk menelepon ketika berkendara” dan lain sebagainya.

ambulance-japan-2

fire-truck-japan-3

police-lights-japan-1

Karakter/Logo Kepolisian Jepang

Di Jepang, karakter lucu diperlukan sebagai iklan untuk menjual segala sesuatu, dari permen hingga layanan perbankan. Hal ini juga berpengaruh terhadap kepolisian di Jepang. Setiap pasukan kepolisian di Jepang memiliki karakter logo yang unik dan lucu.

anime-and-manga-in-japan-351

crime-reporting-number-in-Japan-351

Karakter polisi yang paling dikenal berasal dari Tokyo Metropolitan Police Departement, Pipo-kun

japanese-police-351 police-posters-351

Kepolisian Terbesar di Dunia: Kepolisian Metropolitan Tokyo

Jepang merupakan salah satu negara dengan tingkat kejahatan terendah di dunia. Namun demikian, Tokyo memliki jumlah petugas kepolisian terbesar di dunia, yaitu 43.273 polisi (dan 3.095 petugas paruh waktu).

Mengapa begitu banyak polisi? Siapapun yang tinggal di Tokyo tahu bahwa polisi di Tokyo berusaha untuk dapat ditemui dimanapun. Kalian dapat menemui polisi dimanapun di Tokyo. Polisi Tokyo akan menangani masalah sekecil apapun, misalnya kehilangan sepeda. Tokyo secara teratur mengadakan festival besar dan event-event lainnya  yang menarik lebih dari 100.000 orang.Polisi Tokyo sering terlibat dalam kegiatan pengendalian massa yang besar untuk menjaga ketertiban. Faktor lain, adalah bahwa Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo sering menghadapi kelompok nasionalis militanyang melakukan demonstrasi.

Karena tingkat kejahatan dan pelanggaran yang rendah di Jepang sehingga membuat polisi disana sedikit bosan. Oleh karena itu polisi di Jepang juga sangat perhatian sekali terhadap tindak kejahatan bersepeda di Jepang. Karena lebih banyak warga Jepang yang melanggar peraturan bersepeda. Jika kalian melanggar peraturan parkir sepeda, biasanya sepeda kalian akan disita. Kalian dapat membayar denda untuk mendapatkan kembali sepeda kalian.

osaka-bicycles-733

police-and-bicycles-in-Japan-733

the-big-bicycle-raid-733

Sumber: hallo jepang

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    hebat

    Reply
  2. Radira
    5 tahun yang lalu

    kapan ya di negeri kita bisa kayak gitu?? #ngayal

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya