Mengenal Kendama, Permainan Tradisional Jepang

Di Jepang telah didirikan sebuah organisasi Japanese Kendana Association (JKA)  pada tahun 1975 sebagai indikator untuk spesifikasi Kendama agar masyarakat dapat berpartisipasi dalm kejuaraan dan dapt mengerti aturan-aturannya (*’-^*)-☆.

Dalam permainan Kendama peringkat yang digunakan sama dengan peringkat yang digunakan dalam seni bela diri yang disebut “Kyu” (‘ー^*) . Perinngkat ini dimulai dari peringkat paling bawah/peringkat 10 dan terus naik sampai peringkat 1 yaitu peringkat tertinggi yang dapat diraih oleh pemain ☆-(^ー’*).

Untuk naik satu peringkat lebih tinggi ☆, pemain  harus berhasil melakukan gerakan yang dikhususkan unutk level tersebut setidaknya sekali dalam sepuluh kali percobaan yang diberikan (*’-‘).

Jika peringkat yang ingin dicapai bukanlah peringkat pertama (”`д´), pemain harus melakukan gerakan yang dikhususkan untuk peringkat sebelumnya juga dengan sukses sebanyak dua kali dalam sepuluh kali percobaan ャ⌒☆. Jika peringkatnya lebih tinggi dari peringkat kedua (*^ー^*), maka pemain harus melakukan gerakan yang dikhususkan untuk peringkat sebelumnya sebanyak tiga kali dengan sukses dalam sepuluh kali percobaan (^0^ゞ.

Sementara itu untuk  peringkat 6 hingga 1 ♪, pemain  diharuskan melakukan gerakan tambahan pada setiap peringkatnya, yang disebut “moshikame”゙☆⌒o(*^ー゚) .

Untuk mendapatkan peringkat Kyu pertama (ranking 10) (^-^ゝ, Pemain harus menggantung bola hingga benar-benar tidak bergerak pada talinya ☆-(^ー’*). Kemudian, bola tersebut harus ditangkap dalam sekali ayunan sehingga bola itu akan jatuh pada salah satu lubang yang ada di kedua sisi (*’-‘*).

Lebih jelasnya silahkan simak video berikut ゙☆⌒o(*^ー゚) :

Sumber : Kendama

  1. jfa23
    5 tahun yang lalu

    bentuknya sederhana…kelihatannya seh gampang dimaenin tp diliat dri video yg maenin tekniknya dah hampir sama kek org pro yg maen yoyo ne….

    Reply
    • Ana
      5 tahun yang lalu

      Yapp. benar banget, bermain permainan tradisional memang ga sesederhana kliatannya 😀

      Reply
  2. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    makasi info,y,,,
    mau nanya nih.
    orang” jepang skrang masi banyak ga yg mainin permainan itu….,?
    kan klo di indo sndiri, dijaman skrang anak”an udah jarang banget tuh yg mainin prmainan tradisonal.

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya