Mengenal Kaiseki, Seni Menyajikan Makanan Ala Jepang

Arti Kaiseki diambiil dari sebuah cerita yang mengatakan bahwa para pendeta Budha yang menjalankan  aJaran Zen dengan sangat disiplin pada zaman  dahulu membawa batu panas (seki) di dalam kantong kimono yang mereka pakai agar mereka dapat menjalankan puasa dengan baik. Dalam A Dictionary of Japanese Food disebutkan 2 arti dari Kaiseki. Yang pertama dari Kaiseki-Ryori  adalah hidangan yang disajikan pada saat pesta sake. Sedangkan arti lain dari Kaiseki-Ryori  adalah hidangan yang dibuat untuk menemani saat upacara minum teh, yang biasa disebut dengan Cha-Kaiseki. Yang dibahas dalam artikel ini adalah jenis yang kedua.

 

kaiseki1

Kaiseki-Ryori merupakan makanan ringan  yang dihidangkan pada saat upacara minum teh dengan maksud untuk mempersiapkan perut sebelum meminum teh. Porsi hidangan biasanya hanya sekitar delapan puluh persen dari yang biasa dimakan sehari­ hari. Bahan-bahan yang digunakan dalam Kaiseki-Ryori selalu disesuaikan dengan musim yang sedang berlangsung. Biasanya pada saat musim panas. dihidangkan ikan, saat   semi para tamu akan menikmati kesegaran dari sayur-sayuran hijau yang menyegarkan. Selanjutnya pada bulan Agustus Kaiseki-Ryoiri yang dihidangkan akan berupa masakan vegetarian.

 

Travel Photos

 

Tidak ada yang istimewa  dalam Kaiseki-Ryori. Kebanyakan dari hidangannya merupakan makanan sehari-hari dan merupakan bagian dari masakan  Jepang tradisional. Yang membuat Kaiseki-Ryori  menjadi istimewa dan unik adalalah ketelitian dalam mempersiapkan dan menyajikannya.   Yang  harus  dihindari  dalam  Kaiseki-Ryori adalah ornamen berlebihan. Dan dalam Kaiseki-Ryori,  harmonisasi dari tempat penyajianya yang beragam, bentuk makanan yang berbeda satu  sama lain merupakan salah satu bentuk kepuasan tersendiri. Dalam mempersiapkan  Kaiseki-Ryori yang harus diperhatikan juga adalah menjaga bahan-bahan masakan yang digunakan agar rasanya tetap segar dan dalam kualitas  yang baik.

Pengen banget kan coba Kaiseki? Makanya ayo kita jalan-jalan ke Jepang. Jepang yang dulu dikenal sebagai negara yang mahal, kini semakin ramah lo dengan wisatawan. Banyak kebijakan-kebijakan khusus wisatawan yang diberlakukan, salah satunya adalah dengan disediakannya tiket kereta terusan JR Pass.

 

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya