Mencari Pekerjaan di Jepang

Cara untuk mendapatkan pekerjaan di Jepang adalah:

1. Lewat Hello Work (ハローワーク)

Lembaga milik pemerintah ini membantu warga Jepang maupun warga negara asing (gaikokujin) yang berdomisili tetap di Jepang. Cukup datang saja di kantor Hello Work bagian Gaikokujin corner yang ada di setiap kota, daftar dan konseling pekerjaan. Staff akan memperkenalkan ke perusahaan yang butuh tenaga kerja, dan staff hello work akan membuat janji untuk interview di tempat perusahaan yang butuh tenaga kerja tersebut. Istilahnya Hello Work itu perantara. Karena milik pemerintah, tidak dipungut biaya sepeser pun. Bila interview ditolak, berapa kali datang ke Hello Work untuk dicarikan pekerjaan lagi pun tidak ada masalah.

2. Cari di Majalah

kerja

Majalah Town Work, baitoru dot com dan sebangsanya,yang disediakan gratis di konbini, (tentu kalau tidak bisa baca kanji akan sangat kesulitan). Bagi yang bisa baca dan bahasa Jepang lancar, tinggal telpon saja lowongan yang ada dan minta janji untuk interview.

3. Lewat Haken kaisha (employment agency),

karena ini milik swasta, gaji per jam dipotong berapa persen olehnya. Tapi tidak jadi masalah karena kebanyakan pekerjaan dari haken kaisha bergaji tinggi dan ditempatkan di pabrik-pabrik besar. Banyak orang asing di jepang yang menggunakan jasa haken kaisha untuk bekerja.Lalu bagaimana cara mendapatkan vis kerja di Jepang?

kerja4

Cara pertama adalah melamar di perusahaan Jepang yang ada di Indonesia dengan penempatan kerja di Jepang.

Cara kedua jadi kenshusei/jishusei (maksimal 3 tahun) kerja magang.

kerja1

Cara ketiga sekolah di jepang, sambil cari kerja sambilan. Setelah lulus, cari lowongan kerja di perusahaan sebagai karyawan tetap atau kontrak. Sehingga visa diurus sama perusahaan.

Cara terakhir adalah menikah dengan orang berwarga negara Jepang.

Bagian paling penting dan sangat penting adalah fasih bahasa Jepang dan bisa baca kanji. Seperti pepatah berkata, “Di mana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”.

Bahasa kerennya, “If you were on Rome, lives in the Roman way”.

Setelah menetapkan perusahaan yang akan dituju untuk mendapatkan pekerjaan, tentunya kalian akan melangkah ke step wawancara. Untuk tips dan trik wawancara saat mencari pekerjaan di Jepang, dapat dibaca disini

Sumber:  sayasukajepang.blogspot.jp

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya