[Live Report]: LOCALLY SESSION BOSHE: J-BAND PARTY TILL DROP

Tanggal 22 September bisa dikatakan sebagai hari yang tidak akan bisa dilupakan oleh komunitas pecinta musik Jepang di Bali. Boshe vvip club mengundang beberapa band beraliran japanesse rock, japanesse pop, dan visual kei untuk menampilkan  band mereka di panggung tersebut.

Beberapa band yang mengisi acara bertajuk Locally Session tersebut, antara lain: Rakuen, D’providers, Kooky Kudos, Alison Rock, dan D.Z.I. Urutan penampilan band tersebut ditentukan berdasarkan undian yang telah dilakukan sebelumnya.

locally-session

Penampilan pertama dibuka oleh band Rakuen. Band ini bisa dikatakan sebagai salah satu pionir band jepang di bali, bersama dengan Tokidoki dan Hotaru.  Berbeda dengan dua band lainnya yang ditinggalkan personilnya ke Jepang, Rakuen masih sering mengisi acara festival jepang hingga saat ini. Band yang memiliki arti “Tempat yang paling indah” ini  beranggotakan 5 orang: Yudys (vocal, guitar), Taufan (guitar), Nino (bass), Saga (keyboard), dan Andra (drum).

rakuen_2

Saat Locally Session, Rakuen membawakan 5 lagu, single mereka yang berjudul Hapus Pilu, Usai, lagu dari Deluhi berjudul Hoshi No Nai Yoru Ni, dilanjutkan single mereka, Tetaplah di Sana, dan ditutup dengan lagu dari L’arc~en~ciel yang berjudul Niji. Permainan musik yang rapi dan suara vocalis yang bisa mencapai nada tinggi dengan baik, membuat lagu Hoshi No Nai Yoru ni terdengar begitu memukau. Hingga saat ini, band yang telah terbentuk dari 7 tahun yang lalu ini telah membuat 6 single yang berjudul Hari Esok, Hapus Pilu, Tanpamu, Letih, Janji, dan Usai. Rakuen menyebut fansnya dengan nama Tenshi yang artinya malaikat.

rakuen

 

Penampilan kedua dilanjutkan oleh band D’providers yang mengusung tema visual kei di setiap penampilannya. Terlihat dari kostum yang mereka kenakan dan lagu-lagu yang sering mereka bawakan, seperti lagu dari Deluhi, The Gazette, dan Girugamesh. D’providers awalnya beranggotakan 4  orang: Rama (vocal, guitar), Yobi (guitar), Sena (bass), dan Dika (drum), lalu band ini menambah personil, yaitu Tian pada keyboard.

dproviders

 

Band ini dapat memanfaatkan panggung dan sound di Boshe dengan sangat baik. Dibuka dengan alunan distorsi Japanesse Rock yang sangat kental, lalu dilanjutkan dengan single mereka yang berjudul Dusta, Black Angel, lalu lagu dari The Gazette yang berjudul Filth in The Beauty, dilanjutkan single mereka Pernah Kurasa, dan Bodoh. Scream menjadi kekuatan dari band ini.

providers

 

Penampilan ketiga dilanjutkan Kooky Kudos. Band ini beranggotakan Wid (vocal),  Dode (guitar), Rama (guitar), Yoyo (bass), Gus Indra (drum).
576418_10151467290379966_652260863_n

Band ini membawakan lagu dari One Ok Rock berjudul Nothing Helps, single mereka berjudul Kejar Inginmu, lagu dari One Ok Rock berjudul Decision, single mereka berjudul Kukira Ini Mudah, dan lagu terakhir dari One Ok Rock yang berjudul Deeper-Deeper. Kooky Kudos tampak atraktif dengan kekonyolan mereka di atas panggung. Dimulai dari vocalis band yang membuka penampilan mereka dengan meloncat dari panggung, lalu drummer dari Kooky Kudos yang sempat melakukan selfie di sela-sela  penampilan mereka^^

kooky

 

Penampilan keempat dilanjutkan band Alison Rock. Band ini sangat sering membawakan lagu One Ok Rock. Band ini beranggotakan Aldy (vocal), Dedy (guitaris), Arya (bass), dan Aditya (drum).

images

 

Alison Rock membawakan lagu One Ok Rock Mikansei Koukyoukyoku, Juvenile, Mighty Long Fall, dan single mereka yang berjudul Hurt Begin. Mereka manjadi satu-satunya band yang telah membuat video clip untuk single mereka.

alison

 

Penampilan kelima dilanjutkan oleh band D.Z.I. Banyak orang yang keliru melafalkan nama band ini, pelafalan nama band ini adalah Dizzy Eye. Band ini beranggotakan 4 orang, Jack (vocal, guitar), Fery (lead guitar), Bayu (bass), dan Abe (drum).

10557338_334318573385214_6068157187205517059_n

 

Penampilan D.Z.I dimulai dengan instrumental Drifted into Valliance, dan dilanjutkan dengan single mereka berjudul Faith, Falling Star, Moonlight, dan No Reason. Meski baru terbentuk 1 tahun yang lalu, hingga saat ini D.Z.I telah memiliki 5 lagu sendiri yang berjudul Faith, Falling Star, Moonlight, No Reason, dan Anniversary. Single yang sudah masuk recording berjudul Faith.

dzi

 

Di sela penampilan band-band keren tersebut, acara ini juga dipandu oleh mc yang sangat atraktif, Kedua mc tersebut mampu membuat para penonton tertawa karena lelucon mereka.

Penampilan terakhir ditutup oleh penampilan bersama dari vocalis Rakuen (Yudys), vocalis dari D’providers (Rama), dan vocalis dari Keisora (Evan) yang menyanyikan dua buah lagu dari laruku berjudul Honey dan My Heart Draws a Dream.

Selain band-band yang begitu maksimal dalam penampilannya, acara ini juga tidak lepas dari dukungan komunitas pecinta musik Jepang di Bali yang bernama Bali Japan Band United, fans One Ok Rock di Bali yang bernama One Ok Rockers Bali, dan komunitas fans baby metal (yang sepertinya baru terbentuk). Leader dari Bali Japan Band United adalah Andhika Yasa (Dika), yang memulai komunitas ini dari facebook. Leader dari komunitas One Ok Rockers Bali adalah Agung. Komunitas ini pernah mengadakan 1st Anniversary One Ok Rockers Bali di Bebek Kuning yang terbilang sukses.

mc

 

Komunitas pecinta musik jepang di Bali berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Tapi satu hal yang dapat menyatukan mereka, yaitu musik.

Seperti yang diungkapkan oleh Plato, Music is a moral law. It gives soul to the universe, wings to the mind, flight to the imagination, and charm and gaiety to life and to everything.

2014-09-28 10.11.11

 

Author:

Artikel kiriman dari salah satu pembaca setia jcul:

hima

 

Facebook: Himawari kireii

Twitter: @Himacipta

  1. AkasunaBayu
    4 tahun yang lalu

    wahh seru,, sayang gak bsa dteng T.T

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya