kaze

[Live Report]: Kaizen no Matsuri yang ke-11

“Selamat datang para pengunjung dan peserta Kaizen no Matsuri yang ke-11”, begitulah kata sambutan yang dilontarkan oleh MC acara “Kaizen no Matsuri” yang dilaksanakan pada hari Minggu, 26 April 2015 lalu. Acara ini diselenggarakan oleh SMA N 5 di kota Surakarta yang dulunya juga dikenal dengan sebutan Vorstenland (Kerajaan). Festival ini sendiri merupakan acara yang ke-11 bagi “Kaizen no Matsuri”, yang juga merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh sebuah Klub Ekstrakurikuler Jepang yang bernamakan “Kaizen” di SMA N 5 Surakarta tersebut. Tidak hanya menyuguhkan pertunjukan, namun berbagai macam perlombaan juga diadakan pada hari tersebut.

11168925_544241399051654_2872826818528998696_o

Acara dimulai tepat pada pukul 09.00. Lapangan SMA N 5 yang luas pun telah diisi dengan satu panggung yang besar di tengah-tengahnya, dan berbagai macam stand yang tidak terbatas hanya pada menjual makanan dan camilan saja, tapi juga menjual baju, aksesoris, dan masih banyak lagi.

DSC_0026

Festival kebudayaan jepang pada saat sekarang bukan merupakan hal yang baru di Negara kita, Indonesia. Namun disini Kaizen no Matsuri menyajikannya dengan konsep yang unik. Hal ini bisa kita lihat dari tema yang digunakan dalam acara ini, yaitu “Endless Fantasy in RPG World”. Memakai konsep permainan RPG (Role-playing Game), kegiatan-kegiatan yang ada pun menggunakan istilah yang sering digunakan dalam permainan tersebut. Contohnya seperti kompetsisi atau perlombaan yang diadakan dalam acara ini disebut dengan istilah “quest”. Jadi bagi mereka yang ingin berpartisipasi dalam berbagai macam perlombaan, dapat mendaftarkan diri selayaknya karakter game yang ingin bertisipasi dalam sebuah quest di dalam RPG. Quest atau perlombaan yang disuguhkan disini yaitu Cosplay, Chara Design, Parade Band, Dance, Vanguard, Karaoke, Fotografi, dan OSU. Tentu saja, bagi mereka yang berhasil menyelesaikan quest mendapatkan gift atau hadiah sebagai tanda telah berhasil memenangkan lomba tersebut. Seperti halnya di dalam permainan RPG, tidak hanya terbatas akan quest, namun juga berbagai macam “event”. Begitu juga di Kaizen no Matsuri, berbagai macam event juga ikut memeriahkan acara ini. Event tersebut antara lain Maid Café, Cat Walk Maid, Archery Workshop, Cosplayer Photo Session, RPG Photo Booth, dan masih banyak lagi.

Lapangan SMA N 5 Surakarta dipenuhi oleh pengunjung yang tidak hanya berasal dari Surakarta, tapi juga banyak pengunjung yang datang dari kota Jogja, baik sebagai pengunjung ataupun cosplayer, dan juga bagi mereka yang mengisi bagian special performances. Dari kota Jogja sendiri special performances diisi oleh The Agony, AIBeats, M’ssical, dan Special Amaterasu Yosakoi. Kota Surakarta, yang lebih akrab dengan sebutan kota Solo pun tentu tidak mau kalah dalam menyajikan special performances-nya, yang diisi oleh Paper Doll, Black Pearl Crusader, VOC Cabaret, C.I.R.I.R, Kaizen Rikazuki Project, serta Komunitas Panahan Solo dan Kaizeido. Untuk lebih memeriahkan acara, Kaizen no Matsuri kali ini juga mengundang Guest Star dari kota Jakarta, yang diisi oleh band Kaizen dan idol-grup Ren-ai Project. Bahkan sampai acara berakhir, para pengunjung dan penonton tetap semangat dan antusias dalam menyambut berbagai acara yang disajikan dalam Kaizen no Matsuri ini. Yuk langsung saja kita lihat foto dokumentasi acaranya.

Berikut foto-fotonya:

DSC_0017

DSC_0019

DSC_0020

DSC_0022


DSC_0033

DSC_0053

DSC_0054

DSC_0056
DSC_0063

DSC_0047

DSC_0041

DSC_0061

Artikel Kiriman dari Kaze

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya