[LIVE REPORT]: COCOON FESTIVAL 2014

Halo teman-teman! Berjumpa lagi dengan saya IRFAN di J-CUL. Kali ini saya akan memberikan Live Report dalam kunjungan saya ke salah satu Event Doujinshi Festival di Jakarta yaitu COCOON FESTIVAL 2014. Acara ini dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 25 Oktober 2014 yang bertempat di Lotus Room, Jakarta Design Centre, Jakarta Pusat dari mulai jam 09:00 pagi sampai jam 17:00 sore.

Sebelum mulai ke Live Report nya, saya ingin menjelaskan apa sih Doujinshi itu. Jadi, Doujinshi itu adalah istilah Jepang untuk karya-karya yang diterbitkan sendiri, biasanya berupa majalah, manga, atau novel. Doujinshi sering kali merupakan karya amatir, walaupun beberapa seniman profesional juga berikut serta dalam membuat dōjinshi sebagai cara untuk menerbitkan materi tanpa melalui jalur industri reguler (Sumber : Wikipedia).

cocoon

 

cocoon

Lalu untuk Cocoon Festival nya sendiri adalah acara dimana para kreator doujinshi dapat menampilkan dan menjual karya buatannya dalam berbagai bentuk dan media (Sumber : Cocoon Website). Acara ini baru diadakan pertama kalinya pada tahun ini menarik banyak illustrator dari berbagai circle untuk mempublish dan memperjualbelikan karya-karya miliknya pada CREATOR’S SQUARE di event ini.

Selain beberapa banyaknya circle-circle di event tersebut, tidak luput juga Cocoon Festival ini banyak pengunjung-pengunjung yang berburu merchandise-merchandise seperti Doujin dan semacamnya yang sesuai dengan Fandom mereka.

jadwalcocoon

Selain itu, Cocoon Festival ini juga mengadakan yang namanya COCOON PANEL. Cocoon Panel adalah kegiatan workshop dan diskusi panel dimana pengunjung akan dapat belajar banyak hal baru dari para pembicara berbakat dan berkesempatan untuk berdiskusi dengan mereka. Seminar-Seminar Workshop tersebut diisi oleh para Illustrator-Illustrator yang sudah terkenal dan tidak asing namanya oleh para penggemar karya-karya anak bangsa. Diantaranya Sweta Kartika (Grey & Jingga, Nusantaranger), Wina Octavia (Traceless Knight), Mimi San (World Inverse), Hendry Iwanaga & Vino (Hyper Fusion Cyborg Idol Rinka), Re:On Comics dan Illustrator lainnya.

cocoon

IMG_1146

cocoon

cocoon

IMG_1148

 

Nahh sekian Live Report Event dari saya, sampai jumpa di Event-Event berikutnya!

Cocoon Festival Website         :           http://cocoonfest.com/

Cocoon Facebook Page            :           https://www.facebook.com/cocoonfest?fref=ts

Artikel saya yang lainnya:

http://j-cul.com/live-report-doraemon-big-sale-2014/

http://j-cul.com/pharrell-williams-membawa-konsep-anime-dalam-video-single-terbarunya-it-girl/

 

Author:

Foto Pribadi

Nama : Irfan Dhafirwan
Account Twitter :  @Irfan_Dhafirwan

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya