Letusan Gunung Ontake di Jepang Memakan Korban Jiwa

329120_620

Gunung Ontake terletak 210 kilometer sebelah barat Tokyo dan berada di perbatasan prefektur Nagano dan Gifu, di pulau Honshu.

 

Kabar mengejutkan menyelimuti Jepang, Gunung Ontake di Jepang meletus. Gunung yang terletak sekitar 200 kilometer sebelah barat Tokyo ini tiba-tiba meletus pada hari Sabtu (27/9/2014).

Sampai berita ini ditulis 30 orang dinyatakan hilang, selain itu tujuh orang dinyatakan hilang dan 40 orang di sekitar gunung tersebut terluka.

F9C74475-124B-44CD-AC92-2DE24B0C8265_w640_r1_s_cx0_cy6_cw0

Para petugas kepolisian, militer dan pemadam kebakaran akan mencoba memasuki kawasan bencana dengan berjalan kaki pada Minggu (28/9/2014) pagi. Jalan kaki dipilih karena abu yang dihasilkan gunung itu terlalu berbahaya bagi helikopter.

Gunung Ontake meletus sebelum tengah hari yang cerah di musim gugur dengan menghasilkan suaran ledakan yang sangat keras. Akibatnya, asap dan abu dimuntahkan ke udara sehingga wilayah di sekitar gunung itu kini diselimuti debu.

Sejumlah letusan lebih kecil masih terus berlangsung hingga Sabtu malam. Sebanyak 250 orang sempat terjebak di lereng gunung itu namun sebagian besar dari mereka berhasil menuruni gunung pada Sabtu malam.

featured image

Upaya penyelamatan hari Minggu (28/9/2014) dilanjutkan setelah gunung Ontake di Jepang meletus sehari sebelumnya. Diperkirakan puluhan pendaki terdampar akibat meletusnya gunung tersebut secara tiba-tiba.

Sebuah helikopter militer menyelamatkan dua orang, kata para pejabat.

“Sulit untuk mengetahui apa yang terjadi di gunung Ontake sekarang dan keadaan dapat berubah,” kata seorang pejabat kepada kantor berita Reuters.

Letusan kecil terus terjadi sepanjang Sabtu malam tetapi lebih dari 200 orang berhasil dievakuasi.
Beberapa orang tidak dapat bernapas lantaran abu terus menyelimuti langit.

Uap putih tebal yang membubung dari ketinggian 3,067m gunung berapi tersebut memuntahkan abu dan batu.
Selain itu, abu setebal 20cm menutupi gunung berapi tersebut.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan gunung berapi, yang membentang antara Nagano dan Gifu di 200 kilometer (km) barat Tokyo, meletus pada tengah hari dan mengirim abu menuruni lereng gunung sepanjang lebih dari tiga km (2 mil).

Namun demikian, jika melihat dari tayangan stasiun televisi lokal, tidak ada tanda-tanda keluarnya lava.

 

140928052649_ontake_512x288_getty

Lebih dari 500 tentara Jepang dan polisi dikerahkan hari Minggu sebagai bagian dari upaya penyelamatan.

Tim SAR hari Minggu menemukan 31 mayat – yang sebagian tertimbun abu vulkanik setinggi lutut – di puncak gunung Ontake yang meletus hari Sabtu (27/9). Mereka tampaknya tewas akibat gagal jantung dan paru, alasan yang sering digunakan pihak berwenang Jepang sebelum tim forensik memeriksa mayat-mayat tersebut.

Gunung Ontake pernah meletus tahun 1979 tetapi tidak mengakibatkan korban tewas.

Berikut adalah cvideo yg diambil oleh pendaki dalam jarak sangat dekat:

japan-volcano-erupt-mount-ontake-1

japan-volcano-erupt-mount-ontake-2

Kasihan ya JCulers, ayo kita doakan semoga para korban cepat di evakuasi semua.

 

 

Sumber: japan trendsinternasional.kompas.com,internasional.metrotvnews.comwww.tempo.co,www.bbc.co.ukwww.voaindonesia.com

 

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya