Lagi, Lagi dan Lagi, Lansia di Jepang Makin Bertambah

japan mini

Memiliki usia sampai dengan 100tahun relatif jarang untuk manusia, tetapi perlahan tapi pasti jumlah pemilik umur 100tahun meningkat pesat di Jepang.

Jumlah penduduk Jepang yang berusia minimal 100 tahun, yang dikenal sebagai Centenarians, telah mencapai 58.820, menurut perkiraan pemerintah terbaru, yang di rilis tiap  September untuk menandai Respect-for-the-Aged Day (Penghargaan kepada hari umur nasional) di Jepang, hari libur nasional yang jatuh pada hari Senin.

Seorang wanita Jepang adalah orang tertua di dunia, 116 tahun bernama Misao Okawa, menurut Guinness World Records.

Pria tertua juga berasal dari Jepang lho JCulers, 111 tahun bernama Sakari Momoi. Uniknya nih, salah satu karakter huruf Jepang di nama belakang Momoi berarti 100″, dan nama pertamanya Sakari diterjemahkan sebagai berkembang atau perdana hidup.  WOW!

Kemajuan dalam perawatan kesehatan berkontribusi sangat besar terhadap peningkatan umur panjang di Jepang dan di tempat lain. Jepang kini memiliki 46,21 centenarians untuk setiap 100.000 orang.

WANITA LEBIH HIDUP: Hampir 90% dari centenarians Jepang adalah perempuan.

PANJANG HIDUP: Jepang menduduki peringkat atas dalam hidup, usia rata-rata di Jepang: 86,61 tahun untuk perempuan dan 80,21 tahun untuk pria.

GAMBARAN KESELURUHAN: Populasi centenarians mencapai 441.000 pada tahun 2013 dan diprediksi akan tumbuh menjadi 3,4 juta pada tahun 2050, menurut PBB.

 

Selain di Jepang, di Amerika pun memiliki centenarians lho JCulers:


Di AS: Amerika Serikat memiliki 53.364 orang yang berusia minimal 100 tahun saat dilakukan Sensus tahun 2010, atau 17.28 per 100.000 orang.

 

WOW!!! siapa nihh yang pengen punya umur panjang? ayo coba ditiru gaya hidup lansia di Jepang, hehehe~

 

Sumber: http://www.japantoday.com/category/national/view/japan-more-and-more-a-land-of-centenarians

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya