Kyu Iwasaki-Tei Gardens

Kyu-Iwasaki-tei Garden merupakan nama taman yang lebih populer sebagai tempat wisata arsitektur dibandingkan dengan wisata alam. Taman yang letaknya sangat dekat dengan Ueno Park ini merupakan salah satu dari sekian taman di Tokyo yang pernah dimiliki oleh beberapa tokoh penting pada masanya.

Di era Edo, taman ini merupakan properti dari klan Echigo Takada yang lebih dikenal sebagai keluarga Sakakibara dan merupakan salah satu tokoh berpengaruh pada masa tersebut. Kemudian pada awal era Meiji, taman ini dimiliki oleh keluarga Makino dari klan Maizuru, sebelum kemudian dimiliki oleh Hisaya Iwasaki (putra dari Yataro Iwasaki, pendiri group Mitsubishi) pada tahun 1896.

Taman ini kemudian resmi menjadi kediaman dari keluarga Iwasaki, sebelum akhirnya menjadi properti dari pemerintah Tokyo pasca Perang Dunia II dan kini dibuka untuk umum.

Walau pernah dimiliki oleh para daimyo di periode Edo, Kyu-Iwasaki-tei Garden ini sama sekali bukan tipikal taman feodal seperti Hamarikyu Garden maupun Kyu-Shiba-Rikyu Garden. Hal tersebut karena saat dimiliki oleh keluarga Iwasaki, Hisaya Iwasaki membangun berbagai bangunan yang akhirnya merubah wajah taman ini.

kyuiwasaki_1

Untuk dapat masuk ke dalam Kyu-Iwasaki-tei Garden pengunjung dapat mengakses pintu masuk yang letaknya tak jauh dari danau Shinobazu di Ueno Park (di sisi barat). Namun sebetulnya pintu asli menuju taman ini terletak sisi timur, yang tak begitu jauh dari bangunan-bangunan yang terdapat di taman ini.

Pengunjung harus berjalan kaki sedikit melingkar, sebelum akhirnya sampai di sebuah plaza yang berada di depan sebuah bangunan besar bergaya Western. Bangunan inilah yang menjadi daya tarik utama dari Kyu-Iwasaki-tei Garden, bersama dengan sebuah rumah billiard dan sebuah rumah bergaya Jepang yang terletak di bagian belakang western-style house.

Dari ketiga bangunan yang terdapat di Kyu-Iwasaki-tei Garden ini, western-style house jelas merupakan bintang utama. Bangunan cantik yang selesai dibangun pada tahun 1896 ini berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan berbagai gathering keluarga Iwasaki maupun untuk menjamu bermacam tamu dan relasi bisnis yang berasal dari mancanegara.

kyuiwasaki_3

kyuiwasaki_8

Bagi yang tertarik untuk masuk ke dalam western-style house ini, bergembiralah karena pengunjung diijinkan untuk masuk ke dalam bangunan indah ini. Tentunya selama mematuhi sejumlah aturan tertentu, seperti membayar tiket dan wajib melepas alas kaki untuk dimasukkan ke dalam kantong plastik.

Sebagian besar area di rumah ini dapat dijelajahi oleh pengunjung, kecuali beberapa bagian tertentu seperti gudang bawah tanah. Di lantai dasar bangunan ini terdapat ruang penerima, ruang makan, dapur, ruang tamu, serta ruang belajar.

kyuiwasaki_4

kyuiwasaki_5

kyuiwasaki_6

Tepat di belakang western-style house, terdapat sebuah bangunan yang tampil kontras karena mengusung gaya arsitektur Japanese-style house dan terhubung dengan western-style house. Nah, Japanese-style house inilah yang sejatinya merupakan tempat tinggal dari keluarga Iwasaki. Sama seperti western-style house yang dibangun oleh arsitek ternama,

Japanese-style house ini juga dibangun oleh ahlinya, yaitu Kijuro Okawa, yang telah berpengalaman merancang berbagai rumah tinggal untuk pejabat pemerintahan. Tak heran jika bangunan yang mengusung gaya klasik ‘shoin’ ini dirancang dengan berbagai detail indah yang berkualitas tinggi.

kyuiwasaki_9

kyuiwasaki_7

Apa saja yang dapat dilihat di bangunan bergaya Jepang ini? Salah satu poin menarik terletak pada sebuah ruangan tatami yang berukuran cukup luas, yang terdapat di dekat pintu masuk. Ruang ini digunakan untuk menyambut para tamu yang akan berkunjung ke bangunan ini.

Disini juga terdapat sekat pembatas dan pintu yang dilukis oleh pelukis ternama Hashimoto Gaho, yang masih utuh hingga saat ini. Adapun ruang-ruang yang dapat ditemukan di bangunan ini antara lain: kamar tidur untuk tuan dan nyonya rumah, kamar tidur anak-anak, dapur, ruang kantor, ruang penyimpanan, dan masih banyak lagi.

Mau tahu siapa perancang dari bangunan ini? Tak lain dan tak bukan adalah sang maestro yang juga merancang western-style house di rumah ini, yaitu Josiah Condor. Sama seperti western-style house, Japanese-style house dan rumah billiard ini juga telah diakui sebagai important cultural asset.

 

Kyu-Iwasaki-tei Garden
Lokasi : Taito
Alamat : 1-3-45 Ike-no-hata, Taito-ku, Tokyo 110-0008
Telp : 03-3823-8340
Jam operasional : 09.00-17.00 (penjualan tiket terakhir pukul 16.30); tutup setiap liburan akhir tahun (29 Desember-1 Januari)
Harga tiket : ¥400* (umum); ¥200* (usia 65 tahun ke atas), gratis bagi anak-anak (max usia pelajar SD)

Akses :
-3 menit jalan kaki dari Exit #1 di Stasiun Yushima (Tokyo Metro Chiyoda Line);
-10 menit jalan kaki dari Stasiun Ueno Hiro-koji (Tokyo Metro Ginza Line);
-10 menit jalan kaki dari Stasiun Ueno-Okachimachi (Toei Oedo Line);
-15 menit jalan kaki dari Stasiun Okachimachi (JR Yamanote Line).

Keterangan :
-Tidak tersedia parkir mobil. Pengunjung diharapkan datang menggunakan kendaraan umum.
-Tersedia jasa sukarelawan yang akan menjelaskan seputar sejarah dan point-point penting dari taman ini. Jasa ini dapat dimanfaatkan secara cuma-cuma, dengan waktu tour setiap pukul 11.00 dan 14.00 setiap harinya (kecuali hari Kamis).

*Harga sewaktu-waktu dapat berubah.

 

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

 

Sumber: jalan2.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya