Kuliner Jepang Yang Selalu Ada di Festival Kebudayaan Jepang

Makanan jepang yang terdapat di berbagai festival kebudayaan jepang mempunyai harga yang relatif murah. Jadi kalian jangan takut untuk mencobanya karena harga akan mengalahkan rasanya, harga kaki lima tapi rasa bintang lima. 😀

Berikut adalah makanan yang paling sering dijumpai di acara jejepangan:

1. Takoyaki

Jajanan yang berbentuk bola ini tentu tidak asing lagi. Terbuat dari adonan berbasis gandum yang dipanggang di loyang khusus berbentuk setengah bola. Takoyaki umumnya berisi potongan kecil gurita (Tako). Namun beberapa toko kuliner Jepang menjual takoyaki dengan varian isi.

takoyaki

Takoyaki diperkenalkan pertama kali di kota Osaka oleh pedagang kaki lima bernama Tomekichi Endo. Beliau terinspirasi oleh jajanan yang berbentuk serupa bernama Byakashiyaki, sebuah bakpao berbentuk bulat dari Akashi di prefektur Hyogo.

takoyaki_1

Kini setiap rumah di Osaka pasti memiliki loyang untuk membuat takoyaki karena makanan ini sudah menjadi kebanggaan penduduk kota Osaka. Dan loyang Takoyaki biasanya menjadi salah satu hadiah orang tua pada pernikahan anak perempuannya.

2. Yakitori

Istilah yakitori umumnya merujuk pada varian sate khas Jepang. Namun pengertian yakitori sendiri adalah sate ayam. Masyarakat Jepang kadang menggunakan istilah Kushiyaki untuk jenis makanan yang sama.

yakitori

Konsep yakitori tak ubahnya dengan sate di Indonesia. Daging berbagai jenis hewan ternak seperti ayam, sapi, dan babi dipotong-potong kecil. Potongan-potongan daging tersebut ditusukkan ke tusuk sate, kemudian dipanggang.  Perbedaan signifikan terlihat dari jenis bumbu dan cara membumbuinya. Biasanya para pedagang Yakitori menggunakan garam (shio) atau saus tare (terbuat dari mirin, sake, kecap asin, dan gula).

Selain varian sate daging, yakitori juga terkenal dengan varian sayuran seperti jamur enoki, bawang putih, bawang bombay, daun bawang, dan tofu.

3. Okonomiyaki

Beberapa orang menyebutnya sebagai mertabak jepang. Sebutan ini tidaklah salah, mengingat bentuk dan isinya mirip. Kata Okonomi berarti “sesuai dengan selera” dan Yaki berarti “dipanggang”. Dengan kata lain isi dari Okonomiyaki bisa berbeda-beda sesuai dengan selera pembeli.

okonomiyaki

Okonomiyaki yang populer berasal dari Kansai. Adonannya terbuat dari tepung, parutan nagaimo (sejenis ubi), air atau dashi (kaldu), telur dan potongan kubis. Ditambahkan pula daun bawang (negi), daging (biasanya irisan tipis perut babi), gurita, cumi-cumi, udang, sayuran, kimchi, mochi atau keju.

4. Taiyaki

Secara harfiah Taiyaki diterjemahkan sebagai ikan sea bream (kurisi) panggang. Merupakan jajanan manis berupa kue berbentuk ikan kurisi (di Timika Papua, ikan kurisi disebut juga ikan kapas).

taiyaki

Taiyaki dibuat dengan menggunakan adonan pancake atai waffle, lalu dituang ke dalam loyang panggang berbentuk ikan dengan dua sisi. Bianya Taiyaki berisi krim kacang merah. Namun ada pula tempat jajanan yang menjual Taiyaki berisi krim custard, keju dan cokelat.

5. Futomaki

Makanan ini termasuk salah satu jenis sushi. Futomaki biasanya berbentuk silinder besar yang dilekatkan dengan nori atau lembaran rumput laut di bagian luar. Pada umumnya Futomaki berdiameter lima hingga enam sentimeter. Berisi sayur-sayuran, seperyi ketimun, rebung atau akar teratai, ditambah nikmatnya telur ikan dan irisan tuna.

Futomaki

 

6. Daifuku

Daifuku merupakan makanan manis khas Jepang yang terdiri dari mochi dengan berbagai varian isi. Biasanya isi anko atau krim kacang merah. Daifuku biasanya hadir dengan berbagai varian warna. Mulai dari pink, putij hingga hijau. Makanan ini hadir dengan berbagai ukuran. Ukuran yang terkecil adalah 3cm, sementara ukuran yang terbesar biasanya mencapai sekepalan tangan.

daifuku

 

7. Onigiri

Disebut juga O-musubi atau Nigirimeshi. Makanan khas Jepang yang satu ini terbuat dari nasi putih yang dipadatkan dan dibentuk menjadi segitiga atau oval. Bagian luar kadang dilapisi dengan balutan nori.

onigiri

Umumnya Onigiri berisikan Umeboshi (asinan plum), salmon yang diasinkan, tarako (roa yang diasinkan), kombu (ikan cakalang yang diawetkan). Di Jepang onigiri bisa disajikan di segala waktu dan situasi. dari lauk makan siang hingga sekedar  cemilan.

8. Kakigori

Es serut khas jepang dengan lumuran sirup dan susu. Terdiri dari berbagai varian rasa seperti strawberry, cherry, lemon, teh hijau, anggur hingga melon. Untuk membuat serutan es, beberapa toko tradisional di Jepang masih menggunakan alat serut tradisional yang menggunakan tenaga manusia ketimbang alat serut elektronik. Beberapa penjual Kakigori kadang menambahkan es krim dan kacang merah manis sebagai tambahan selain sirup.

kakigori

 

9. Donburi

Secara harfiah Donburi adalah mangkuk. Namun Donburi lazim digunakan untuk menyebut makanan berupa semangkuk nasi dengan taburan daging atau sayuran di atasnya. Daging atau sayuran diberi saus khusus yang biasanya mengandung dashi (kaldu) bercampur kecap asin dan mirin. Beberapa varian Donburi yang terkenal yaitu Gyudon, Oyakadon dan Kitsudon. Semuanya mudah ditemui di restaurant maupun di acara festival jejepangan.

donburi donburi_1

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya