Komunitas Jepang Terbesar di Luar Jepang

Ada lebih dari 50 juta orang dari keturunan Cina yang hidup di luar Cina dan hanya 2,6 juta orang keturunan Jepang di luar hidup Jepang.

brazil-1143

Seperti imigran pada umumnya, orang Jepang meninggalkan tanah air mereka untuk mencari kehidupan yang lebih baik bagi keluarga mereka. Imigrasi ini terjadi dari tahun 1868 ~ 1912.

Kebanyakan imigran Jepang melakukan imigrasi akibat dari Perang Dunia II. Dalam banyak kasus, mereka kehilangan harta mereka karena disita dan dimakamkan di kamp-kamp selama perang (misalnya Amerika Serikat, Kanada dan Peru).

Berikut ini adalah 6 negara dengan populasi penduduk Jepang terbesar (di luar Jepang):

1. Brazil ~ 1.500.000

Jepang dan Brasil memiliki sejarah panjang pertukaran budaya dan ekonomi. Saat ini, Brasil memiliki masyarakat Jepang terbesar didunia.

Begitu pula dengan masyarakat Brasil yang tinggal di Jepang. Bahkan, Brasil merupakan kelompok etnis non-Asia terbesar yang tinggal di  Jepang (312.582 orang).

Imigrasi Jepang ke Brasil dimulai pada tahun 1908. Pada awalnya, imigran Jepang datang untuk bertani dan dibayar. Namun dalam perkembangannya, orang Jepang telah meningkatkan kehidupan mereka di Brasil.

Tanabata-Matsuri-in-Brazil-1143

Dalam beberapa tahun terakhir, budaya Jepang sangat populer di Brasil. Setiap tahun, ada puluhan festival Jepang yang diadakan di seluruh Brasil (e.g. Bon Festival in São Paulo).


japan-in-brazil-1143

Festival Brasil di Jepang juga sangat terkenal. The Asakusa Samba Carnival adalah salah satu festival terbesar di Tokyo musim panas.

samba-in-tokyo-1143

2. Amerika Serikat ~ 1.204.205

Sekitar 1/3 dari penduduk Hawaii mengidentifikasi diri mereka sebagai penduduk Jepang. Budaya Jepang telah memiliki pengaruh besar di Hawaii. Makanan Jepang, festival dan kebiasaan sangat mudah dijumpai dalam kehidupan sehari-hari di Hawaii.

SPAM-musubi-1143

Budaya Hawaii dan Jepang telah menyatu bersama-sama dengan cara yang menarik. Spam musubi adalah makanan Hawaii yang menggunakan bahan lokal yang populer (spam) disiapkan sebagai onigiri (nasi Jepang).

Ada juga populasi Jepang yang besar di California, Washington dan Oregon.

northern-california-cherry-blossom-festival-1143

northern-california-cherry-blossom-festival-dance-1143

northern-california-sakura-matsuri-1143

3. Filipina ~ 120.000

Filipina adalah negara pertama tujuan imigrasi Jepang (pada awal abad ke-12). Agama Katolik Jepang banyak melarikan diri ke Filipina pada abad ke-17 untuk menghindari penganiayaan agama.

Red-Seal-Ship-1143

4. Inggris ~ 100.000

Pada awal 1867, mahasiswa Jepang banyak belajar di Universitas Cambridge dan Universitas Oxford. Jepang  berimigrasi ke Inggris untuk studi atau alasan bisnis.

Beberapa festival budaya dan persahabatan Jepang diadakan setiap tahun di London (misalnya London Japan Matsuri).

london-japan-matsuri-1143 london-takoyaki-1143

5. Peru ~ 90.000

Peru adalah negara Amerika Selatan pertama yang membangun hubungan dengan Jepang. Dan juga negara Amerika Selatan pertama yang menerima imigrasi Jepang (1899).

Pada Perang Dunia II, Jepang-Peru dikirim ke kamp interniran di massa Amerika Serikat  (harta mereka disita). Sangat sedikit dari interniran pernah kembali ke Peru.

Meskipun kesulitan, masyarakat banyak yang selamat. Alberto Fujimori adalah anak dari imigran Jepang ke Peru. Ia menjabat sebagai presiden kontroversial negara dari tahun 1990 – 2000.

Alberto-Fujimori-1143

6. Kanada ~ 81.300

Imigrasi Jepang ke Kanada difokuskan di West Coast (kebanyakan Vancouver). Sejumlah besar generasi kedua dan ketiga Jepang-Kanada telah memilih untuk menikah dengan non-Jepang. Kanada adalah negara multi-budaya yang menerima pernikahan antar-ras.


toronto-sakura-1143

vancouver-sakura-1143

 

Sumber: www.japan-talk.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya