Kesalahan Fatal Saat Mengunjungi Onsen

Wistawan yang berkunjung ke Jepang pada umumnya pasti menikmati Onsen (mandi air panas alami). Sebelum kalian memutuskan untuk mendatangi Onsen, sebaiknya kalian baca terlebih dahulu aturan dasar mengunjungi Onsen ini.

Aturan-aturan di pemandian Onsen relatif mudah untuk dipahami, namun jika kalian melakukan 6 hal ini di Onsen, kalian akan merasa sangat malu.

6. Salah Masuk Ruang Ganti

Jika Anda tidak membaca peraturan terlebih dahula, kemungkinan besar Anda akan melakukan kesalahan ini, Salah Masuk Kamar Ganti. Biasanya tirai wanita berwarna merah dan tirai laki-laki berwarna biru (tidak selalu). Tirai dengan kanji  “女” untuk wanita dan “男” untuk laki-laki (tidak selalu). Terkadang, kanji pada tirai sulit untuk dibaca. Jadi, telitilah sebelum masuk ruang ganti.

onsen-dressing-room

5. Lupa Melepas Alas Kaki

Pastikan Anda sudah melepas alas kaki dan menaruhnya di tempat yang telah disediakan. Berjalan lururs sambil memakai alas kaki adalah hal yang sangat memalukan. Dan pastikan juga alas kaki Anda tidak tertukar.

shoes-716

 

4. Melupakan Handuk Kecilmu

Anda diharuskan untuk membawa sebuah handuk kecil untuk mengeringkan badan yang diletakkan di atas kepala. Jangan sesekali meletakkan pakaian di sekitar daerah pemandian. Selain untuk mengeringkan badan, handuk kecil ini juga digunakan untuk menutupi daerah intim Anda saat masuk dan keluar dari onsen. Jadi pastikan kalian selalu membawa handuk kecil jika tidak ingin berdiri tanpa sehalai benangpun 😀

onsen-warning-sign

 

3. Lupa Untuk Mandi Terlebih Dahulu

Sebelum masuk ke dalam onsen, pastikan kalian sudah mandi terlebih dahulu, ini dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan dalam onsen. Jika kalian lupa langkah ini, semua orang akan melihat kalian.

onsen-shower-area

2.Sandal Kamar Mandi 

Jika Anda pergi ke kamar mandi di ruang ganti – sandal kamar mandi akan tersedia disana.Namun, jika Anda lupa mencopot ini ketika Anda kembali ke ruang ganti – orang pasti akan terkejut.

bathroom-slippers

1. Hal Terburuk Adalah….

Sebagian besar onsen adalah pemandian tanpa menggunakan pakaian apapun, namun telah dipisahkan untuk pria dan wanita. Terdapat pula beberapa onsen dicampur antara pria dan wanitanya namun harus menggunakan pakaian renang.

Hal yang paling memalukan yang pernah terjadi adalah- keluar dari ruang ganti dengan bertelanjang namun di onsen justru mengharuskan memakai baju renang. Oh myy god…….!!! jadi pastikan kalian membaca semua peraturan sebelum masuk ke Onsen.

embarassing-nudity-716

 

Sumber: japan-talk

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya