Kesalahan Fatal Bertattoo Huruf Kanji

Menempatkan/menggambar huruf di tubuh sebagai tattoo bukanlah sesuatu yang baru. Nama seseorang yang disayangi, nama diri sendiri, dapat digunakan sebagai tattoo penghias tubuh. Tapi bagaimana jika tatto yang menempel di tubuh salah dalm mengartikannya? Dalam beberapa tahun terakhir, karakter tulisan kanji jepang menjadi trend tattoo di kalangan masyarakat yang sangat sulit untuk dipahami artinya. Tapi yakinkah kalian memahami tattoo yang kalian gunakan?

Kebanyakan orang melakukan operasi dan lain hal untuk menghapus tattoo yang ternyata salah penulisan kanjinya.

kanji-coverup

1. Multiple Meaning

Yap, huruf kanji dapat memiliki beberapa arti pada huruf yang sama. Kebanyakan kanji Jepang memiliki beberapa makna (hingga 20 atau lebih). Jika Anda memilih kanji dengan makna yang jelas terkadang mengandung maksud yang berbeda di kalangan masyarakat, dan tentu saja hal ini sangat memalukan. Seperti contoh berikut ini:

安 = kedamaian = Seorang karakter perempuan di film Transporter 3 menggunakan tattoo ini di belakang lehernya. Tetapi karakter tattoo ini justru berarti murahan (安い).

変 = misteri = Media menyebutkan  artis Britney spears memiliki karakter tattoo ini, secara umum dibaca “aneh” dimana kanji ini selalu memiliki konotasi yang negatif.

2. Frase Dalam Kanji

Kesalahan lain dalam pemakaian hurf kanji adalah Anda menggunakan dua huruf kanji dan menempatkannya secara bersamaan untuk membentuk sebuah frase. Ini tentu saja sangat membingungkan, berikut ini contohnya:

西原 = wild west / liar barat =  Huruf kanji ini bisa berarti “west wilderness”/ hutan belantara di barat. Namun, 西原diucapkan secara umum oleh orang jepang untuk nama, Nishihara. Ini sama saja dengan tatto menggunakan nama “Smith” ataupun “Wilson”.

空漠 = desert sky/ langit gurun = samar-samar / tidak jelas

冷笑 = bahagia = tertawa sinis

力頼 = kekuatan kepercayaan = ketergantungan (力頼み)

気忙 = jiwa pertualangan = rewel (気忙しい)

Salah menggabungkan kata kanji, dapat menyebabkan arti yang sangat berbeda.

 

3. Tulisan Kanji Yang Tidak Rapi

Dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk seseorang dapat menulis dalam kanji. Bahkan orang yang sudah mahir pun, tulisan kanjinya terlihat seperi tulisan anak-anak.  Kanji harus ditulis dengan urutan guratan tertentu agar tidak  tampak aneh. Tattoo Kanji yang dirancang buruk  meninggalkan kesan bahwa mereka dibuat oleh seorang anak kecil yang sedang belajar bahasa Jepang.

 

shodo-student

4. Karakter Tanpa Arti

Tato Kanji  kadang-kadang memiliki kesalahan yang membuat mereka benar-benar tidak terbaca dan tidak mempunyai arti.

 

5. Kesalahan Karakter

Banyak karakter huruf Jepang yang sangat mirip satu sama lain. Katakanlah Anda ingin menuliskan kanji untuk karakter pohon dalam desain tatto Anda yaitu – 木.  Sangat mudah untuk menggambar sesuatu yang terlihat sama seperti bentuk huruf kanji tersebut yaitu,  ホ dalam huruf katakana.

Karakter katakana ini ホ tidak memiliki makna sendiri – kecuali sebagai bahasa subkultur Jepang. Katakana ini ホ diucapkan “ho”. Jadi jangan sampai Anda membuat kesalahan seperti ini.

not-tree

6. Mirror Image

Ini adalah kesalahan umum untuk merancang tato kanji sebagai gambar cermin dari karakter asli Jepang. Dan juga karakter terbalik yang sangat umum.

 

7. Secara Teknis Benar, Tapi Salah

Dalam banyak kasus, bahasa Inggris tampaknya hampir tata bahasa yang benar, tetapi tetap salah. Begitu pula dengan Tatoto Kanji – bahkan ketika mereka benar secara teknis mereka mungkin terlihat aneh untuk pribumi Jepang.

youre-welcome

 

 

Lalu Bagaimana Sebaiknya Untuk Mendapatkan Tattoo Kanji Jepang?

Bahasa memiliki banyak nuansa.

Jika Anda ingin dang manganggap  tato kanji itu penting, sebaiknya Anda bertanya untuk mendapatkan nasihat dari seorang pembicara asli Jepang yang Anda percaya. Tunjukkan pada mereka desain dan pastikan karakter terlihat profesional. Tanyakan apa arti kata-kata dalam konteks yang berbeda.

 

Sumber: www.japan-talk.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya