Kelezatan Mie Jepang yang Dimakan Dengan Es


Selain soba dan ramen, Jepang masih memiliki jenis mie lain, yaitu somen. Somen adalah mie yang bentuknya tipis berwarna putih, terbuat dari tepung gandum dan garam. Somen merupakan makanan yang biasanya disajikan sebagai hidangan makan siang ketika musim panas. Karena  ketika musim panas di Jepang udaranya sangatlah panas, maka tidak mungkin menyajikan makanan dengan suhu panas atau hangat juga, jadi somen disajikan dengan es sebagai pengganti kuahnya. di atas mie, diberi taburan saus natto (kacang kedelai yang sudah difermentasi) nori (rumput laut kering), seledri, dan bumbu-bumbu.

Selain disajikan dengan mangkok biasa, orang Jepang mempunyai tradisi unik ketika makan somen. Tradisi tersebut disebut “Nagashi Somen” atau diterjemahkan menjadi somen yang mengalir. Tradisi yang dilakukan beramai-ramai bersama teman dan kerabat ini bisanya dilakukan pada waktu yang disebut orang Jepang sebagai “Golden Week Holidays” yang berlangsung dari tanggal 29 April sampai 5 Mei setiap tahunnya.

Benda yang digunakan sebagai tempat aliran somen adalah bambu yang berdiameter 5 atau 6 inchi. Bambu dibersihkan terlebih dahulu kemudian diletakkan dengan keadaan miring di halaman, pada ujung bambu diletakkan sebuah saringan, tak lupa pada bamboo tersebut dialiri air es. Seseorang akan berdiri di ujung bambu lainnya dan menaruh somen agar mengalir ke bawah bersama air es sambil berkata “Ikuyo” yang artinya “bersiap-siaplah somen akan segera datang”, orang-orang lainnya akan menunggu somen tersebut di sepanjang pinggiran bambu sambil membawa sumpit dan mangkok kecil yang berisi kuah bumbu dingin. Somen yang tidak tertangkap akan mengalir ke ujung bambu yang sudah diletakkan saringan lalu diambil untuk dialirkan kembali.

Hmmm.. menyenangkan sekali pastinya bisa makan somen dingin bersama-sama dengan para teman dan sanak keluarga. Ada yang pengen nyoba buat bikin somen trus bikin somen nagashi party?? Ini nih video cara bikin somennya.

Selamat mencoba!!
Sumber: bebeloveokazu.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya