Kegiatan Mandi Bersama yang Menyenangkan

Kegiatan mandi bersama ini dilakukan oleh orang Jepang di 3 tempat, yaitu di kamar mandi rumah, di pemandian umum sekitar tempat tinggal, dan di pemandian sumber air panas yang terdapat di daerah pegunungan. Pertama kita bahas mandi bersama di kamar mandi rumah dulu ya :D

Mandi bersama di kamar mandi rumah ini bisa banyak sekali kita temui di dalam komik Crayon Shinchan. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh ayah dan anaknya atau ibu dan anak-anaknya dengan masuk bersama ke dalam bak yang berisi air panas (disebut ofuro). Air panas dalam bak mandi ini akan dipakai berulang-ulang oleh seluruh orang dalam rumah itu, sehingga sebelum kita masuk ke bak sudah harus selesai membersihkan tubuh dengan sabun dan membilasnya. Kalau kamu datang berkunjung ke rumah orang Jepang dan menginap di sana, kamu mendapat kehormatan dengan memakai air hangat bak mandi tersebut paling pertama di antara yang lain.

Tempat mandi bersama yang kedua adalah sentō ( 銭湯) yaitu tempat pemandian air panas untuk umum di Jepang. Orang yang ingin mandi dipungut biaya masuk. Pria dan wanita mandi di kamar mandi terpisah. Cara mandi di pemandian umum ini sama dengan cara mandi di rumah. Satu bak mandi digunakan untuk mandi berendam bersama-sama oleh beberapa orang sekaligus.

Setelah mengganti pakaian  dengan sehelai handuk di dalam ruangan ganti yang telah disediakan, mandilah di tempat yang telah disediakan. Di dinding tempat mandi biasanya terdapat sebuah cermin. Selain itu, disediakan keran air dingin dan air panas sehingga wisatawan bebas memilih suhu air yang disukai. Setelah merasa benar-benar bersih dan bebas sabun masuklah ke ofuro terdapat dalam sento. Sejarah berdirinya sento ini adalah karena D=di masa lalu banyak rumah-rumah di Jepang yang tidak dilengkapi dengan bak mandi, oleh karena itu dibuatlah suatu tempat di mana penduduk lokal bisa pergi untuk berendam dan bersosialisasi dengan tetangga.

Tempat mandi bersama ketiga adalah onsen. Onsen adalah istilah bahasa Jepang untuk sumber air panas dan tempat mandi berendam dengan air panas yang keluar dari perut bumi, berbeda dengan sento yang merupakan  jenis rumah mandi dimana pelanggan membayar untuk masuk. Sampai saat ini Onsen masih cukup diminati di kota-kota wisata yang berkembang di sekeliling sumber air panas. Kegiatan mandi bersama ini menjadi kegiatan favorit yang dilakukan orang Jepang ketika sedang musim dingin. Mereka akan mencari penginapan di sekitar pegunungan yang menyediakan fasilitas onsen. Setelah berendam di onsen bersama teman-teman dan keluarga, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama.

 

Sumber: blog.thejapanesetutor.com

  1. Radira
    2 tahun yang lalu

    I wanna try all!!!

    Reply
  2. Irfan
    2 tahun yang lalu

    osen osen

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya