Kecanggihan Toilet di Jepang

Beberapa toilet duduk di Jepang bagian atasnya berupa wastafel (tempat cuci tangan) seperti pada foto di bawah ini. Sehingga kalian bisa langsung cuci tangan, membasuh wajah atau bahkan gosok gigi. Air bekas cuci tangan akan masuk ke dalam tampungan air yang kita gunakan untuk flush alias menyiram kotoran dari kloset duduk.

toiletjepang2

washlet01 washlet02 washlet03

Perhatikan sisi kiri toilet yang seperti remote, tampak lebih dekat seperti di bawah ini:

toiletjepang3

toiletjepang4

Tombol yang lebih lengkap:

toiletjepang5

Fungsi masing-masing tombol adalah:

  • Tombol “bidet“, biasanya dijelaskan dengan simbol perempuan atau tombol ini berwarna pink. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan air untuk membilas bagian kewanitaan setelah buang air kecil.
  • Tombol “shower/spray“, biasanya dijelaskan dengan simbol gambar p*ntat atau berwarna hijau/biru. Fungsinya adalah untuk mengeluarkan air untuk membilas lubang bagian belakang setelah buang air besar.
  • Tombol “stop“, biasanya dijelaskan dengan simbol kotak berwarna oranye. Fungsinya untuk menghentikan aliran air.
  • Tombol “flushing/sound“, biasanya dijelaskan dengan simbol not balok. Fungsinya untuk mengeluarkan suara seperti kucuran air bilas. Jadi kalau di toilet umum yang terdiri dari beberapa bilik, kita bisa menekan tombol ini agar mengeluarkan suara kucuran air bilas. Daripada kita menekan tombol flush, padahal cuma butuh suaranya, tentunya tombol suara ini lebih “go green” karena kita tidak perlu membuang air percuma.
  • Tombol “volume“, ada 2 yaitu + dan . Fungsinya untuk memperbesar atau memperkecil suara yang dikeluarkan dari tombol “flushing/sound” tadi.
  • Tombol “water pressure“, ada 2 yaitu + dan . Fungsinya untuk memperbesar atau memperkecil aliran air yang dikeluarkan dari tombol ”bidet” atau ”shower/spray

Selain itu, terdapat sensor  yang biasanya ditemukan pada dinding kamar mandi di belakang toilet duduk maupun jongkok, kita cukup mendekatkan telapak tangan kita pada lingkaran tersebut, maka akan keluar air bilas dalam toilet untuk membuang kotoran.

toiletjepang6

Pada beberapa toilet duduk, terdapat suara desis angin setelah air flush mengalir. Ternyata ada angin yang dihembuskan ke arah dudukan toilet, untuk mengeringkan dudukan tersebut.  Sehingga dudukan toilet tidak ada cipratan air sedikitpun.

Terdapat pula tempat sampah seperti foto di bawah ini. Cukup dengan mendekatkan telapak tangan pada atas tutup tempat sampah, maka secara otomatis tempat sampah ini akan terbuka. Tidak perlu menginjak pedal dibawah seperti yang biasa ditemukan pada tempat sampah umum, tidak perlu juga kita menyentuh permukaan tempat sampah. Tangan kita akan tetap bersih dari kuman.

toiletjepang7

Dan bahkan di beberapa toilet umum, ada foto seperti dibawah ini. Jika  ditarik, maka itu adalah tempat duduk untuk balita. Jadi untuk ibu-ibu yang pergi sendirian dan membawa balita serta ingin buang air, tidak perlu khawatir akan anaknya. Tidak perlu repot cari orang lain untuk menitipkan anak. Ibu bisa meletakan anak dalam tempat duduk tersebut dan buang air dengan nyaman.

toiletjepang8

Sumber: en.rocketnews.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya