Kebiasaan Orang Indonesia Menurut Orang Jepang

Profesor Nagano, Staf pengajar Nihon University, memberikan kuliah intensive course dalam bidang Asian Agriculture di IDEC Hiroshima University. Beliau sering menjadi konsultan pertanian di negara-negara Asia, termasuk Indonesia.  Ada beberapa hal menggelitik yang beliau utarakan sewaktu membahas Indonesia.

1. Orang Indonesia Suka Rapat dan Membentuk Berbagai Macam Panitia

Setiap ada kegiatan, orang Indonesia selalu rapat terlebih dahulu, tentunya dengan konsumsi. Setelah Rapat, dibentuklah kepanitiaan. Kemudian, diskusi berulang kali, saling kritik, dan setiap orang merasa idenya yang paling benar. Akhirnya, pelaksanaan tertunda. Padahal, tujuan program tersebut sebenarnya baik.

rapat paripurna

2. BJK (Budaya Jam Karet)

Sepertinya ini bukan lagi disebut kebiasaan tetapi sudah menjadi budaya orang Indonesia -_-

jam-karet

3. Kalau Bisa Dikerjakan Besok, Mengapa Tidak?

Jika orang lain berprinsip, kalau bisa dikerjakan sekarang, mengapa ditunda besok? Namun, prinsip orang Indonesia malah “Kalau bisa dikerjakan besok, mengapa tidak?” inilah yang sering disebut dnegan menunda-nunda pekerjaan.

do_it_tomoorow

 

4. Umumnya, Tidak Mau Turun Ke Lapangan

Alasan panas, kotor dan lainnya menjadikan kebanyakan orang Indonesia tidak suka ditugaskan langsung untuk turun kelapangan. Terutama pejabat-pejabat, mereka lebih suka memerintah dari atas, tanpa menengok langsung ke lapangan. Salah satu pejabat Indonesia yang terkenal dengan “blusukannya” hanyalah Jokowi. Seharusnya ini dicontoh oleh pejabat lainnya.

 

Artikel ini tidak bermaksud untuk menjelekkan Indonesia, tetapi beginilah yang terjadi sebenarnya. Sebagai generasi muda Indonesia, kita harus bisa menghilangkan kebiasaan tersebut.

Selain ini, ada juga dibahas mengenai kekeliruan orang Indonesia vs Jepang. 

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya