Karakuri: Boneka Robot Jepang Sejak Abad ke 17

Karakuri ningyo merupakan sebuah boneka bergerak atau automaton Jepang yang dibuat pada abad ke-17 hingga abad ke-19. Kata `karakuri` artinya adalah “alat mekanik untuk mengusik, menipu atau memeranjatkan orang”. Sedangkan ning adalah ‘orang’ dan yo adalah ‘bentuk’, ‘figur’ yang sering diartikan orang sebagai boneka. Jadi, karakuri ningyo berarti boneka yang bermesin sederhana.

karakuri

Terdapat tiga jenis karakuri utama dalam hal bentuk yaitu Butai Karakuri (Karakuri pentas) digunakan dalam teater. Zashiki Karakuri (Karakuri alas duduk) yang berukuran kecil dan dimainkan dalam kamar dan Dashi Karakuri digunakan dalam pesta-pesta keagamaan, dalam pesta-pesta itu boneka-boneka ini digunakan untuk mempersembahkan penceritaan legenda dan mitos tradisional.

Karakuri_1 Karakuri_5 Karakuri_4 Karakuri_6jpg

Karakuri ningyo yang paling banyak ditemukan saat ini adalah zashiki karakuri, boneka rumahan. Zashiki karakuri bukan sekedar pajangan saja, ia juga mempunyai tugas, yaitu menyajikan teh.

Karakuri_2

Boneka ini akan mulai bergerak maju jika ada yang menaruh cangkir teh di nampan yang dibawanya. Zashiki karakuri akan ‘berjalan’ maju sesuai jarak yang sudah diatur. Ketika sudah sampai di depan tamu, Zashiki karakuri akan menundukkan kepalanya, memberikan teh tersebut kepada tamunya. Setelah sang tamu selesai minum, boneka ini mengangkat kepalanya, lalu membawa cangkir kosong itu kembali ke tempat asalnya.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dalam beberapa video ini:

 

Sumber: wikipedia, en.rocketnews24.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya