Jangan Pernah Lakukan Hal Ini di Jepang! (Part 2)

1. Berkunjung tanpa janji

Kalau mau berkunjung ke rumah orang di Jepang, jangan main datang saja. Kamu harus meminta ijin terlebih dahulu. Datang ke rumah orang tanpa ijin atau konfirmasi sebelumnya termasuk tindakan kurang sopan di sana.

2. Membuka pintu taksi sendiri

Kalo kamu naik taxi di Jepang, kamu akan mendapati fakta bahwa para supir taxi akan membukakan kamu pintu ketika masuk dan membukakan pintu saat akan keluar. Penumpang tidak diperkenankan untuk membuka dan menutup pintu sendiri.

3. Memotret orang sembarangan

Orang Jepang ga suka dipotret sembarangan. Jadi kalo kamu lagi jadi wisatawan di Jepang jangan sembarangan memotret orang yang kamu pikir unik. Mereka bisa marah lo. Kalo pengen banget motret, harus minta ijin dulu, ato skalian sembunyi2 ajja. Inilah sebabnya mengapa kalo kita lihat banyak foto-foto tentang orang Jepang yang wajahnya diblur atau matanya disamarkan dengan diberi tanda hitam.

4. Tidak buang sampah sesuai jenis sampah

Buang sampah di jepang itu ga segampang di Indonesia. Tong sampah di jepang ada banyak, dibedakan berdasarkan jenis sampahnya. Ga cuma organic non organic lo, tapi ada sampah khusus botol, kemasan karton susu atau jus, sampah dapur, plastic, kertas, dan kaleng. Buang sampah harus dipilah-pilah dulu ya. hehe

5. Makan sambil jalan

Jangan makan sambil jalan kalo lagi di Jepang. Walaupun yang kamu makan cuma sekedar makanan ringan seperti takoyaki atau roti. Makan eskrim dan minum masih sedikit dimaklumi.

6. Tidak membawa payung pada musim hujan

Musim hujan ga bawa payung? Kamu akan dianggap ga bertanggung jawab pada diri sendiri. Semua orang di Jepang termasuk pria baik muda maupun dewasa akan selalu membawa payung jika musim hujan tiba. Ga kaya di Indonesia ya, cowo-cowo pada malu kalo bawa payung. Hal ini dilakukan karena orang Jepang tidak suka berdekatan dengan orang yang bajunya basah karena kehujanan. Selain itu orang Jepang tidak mau sakit gara-gara kehujuanan, karena itu akan membuat orang lain repot. Jadi mereka membawa payung agar tidak sakit kena air hujan.

7. Berdiri terlalu lama di mesin tiket otomatis

Jangan berdiri terlalu lama di depan mesin tiket kereta otomatis. Orang-orang yang ramai mengantri di belakangmu akan menganggap kamu bodoh. Jadi siapkan uang dan pastikan tujuanmu dulu, baru mengantri di depan tiket.

8. Naik sepeda boncengan

Naik sepeda di Jepang juga ada aturan ketatnya. Dilarang membonceng orang lain kecuali yang membonceng berusia di atas 16 tahun, itupun tidak boleh membonceng lebih dari satu orang saja. Coba bandingkan di Indonesia yang naik sepeda bisa seenaknya 😀

Gimana, banyak kan aturan-aturan di Jepang yang berbeda dengan di Indonesia. Buat yang ketinggalan sama artikel part 1 kemarin, cek ajja di JANGAN PERNAH LAKUKAN HAL INI DI JEPANG PART 1

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    6 tahun yang lalu

    di jepang ga boleh Naik sepeda boncengan yah.
    tapi di film” jepang ada juga tuh yg naik sepeda berbocengan.

    Reply
    • BBHQ
      5 tahun yang lalu

      kan di film

      Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya