Jangan Pernah Lakukan Hal ini di Jepang! (Part 1)

Di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Pepatah lama itu harus kita ingat ke manapun kita pergi. Aturan dan kebiasaan masing-masing wilayah apalagi Negara sudah tentu berbeda. Kita sebagai pendatang wajib menyesuaikan diri dengan kebiasaan tempat yang kita datangi. Nah, kalo sedang berkunjung ke Jepang, apa saja ya hal-hal yang tidak boleh kita lakukan??

1. Jangan pernah lupa menambahkan kata san, di belakang nama seseorang, karena akan terdengar tidak sopan jika kita memanggil seseorang tanpa tambahan san ini. Jangan juga menggunakan kata anata (kamu) ketika sedang berbicara dengan orang lain, panggil saja namanya.

2. Ketika sedang makan jangan pernah menambahkn kecap pada nasi putih. Ini dianggap tidak sopan oleh orang Jepang. Sebaliknya, mengangkat mangkok ketika makan nasi atau mie, dan mengeluarkan suara sruputan ketika sedang makan mie, dianggap hal yang wajar oleh orang Jepang. Selain itu jangan pernah menyisakan makanan ketika sedang makan.

3. Ketika sedang menggunakan sumpit, jangan pernah menaruhnya dengan posisi tertancap di nasi, dan jangan pernah memindahkan makanan langsung dari sumpit ke sumpit dengan orang lain, karena hal tersebut mengingatkan dengan penggunaan sumpit pada upacara kematian. Dan jangan menjilat sumpitmu seenak apapun makanan yang kamu makan.

4. Jangan menelepon ketika sedang berada di dalam kereta! Bahkan  jika kamu duduk di dekat priority seat (kursi khusus untuk orang tua, penyandang cacat, ibu hamil, dan ibu yang membawa anak-anak), kamu harus mematikan dering telepon genggammu. Menelepon di kereta akan mengganggu orang-orang di sekitarmu, orang-orang dalam kereta, sedangkan mematikan dering telepon genggam jika berada di dekat priority seat bertujuan agar orang tua atau penyandang sakit jantung yang duduk di priority seat tidak kambuh sakit jantungnya karena kaget mendengar telepon genggammu berbunyi tiba-tiba.

5. Jangan pernah memberi tip di Jepang! Memberi tip di rumah makan atau restoran bahkan dianggap sebagai penghinaan.

6. Jangan marah ketika kamu sedang berdiri tiba-tiba ada yang mendorongmu. Itu artinya kamu berdiri di tengah jalan dan menghalangi jalan orang lain. Segeralah menyingkir.Jangan berdiri sembarangan ketika sedang menaiki escalator! Orang jepang punya aturan tidak tertulis tentang ini. Jika kamu sedang berada di daerah Tokyo, escalator sebelah kanan adalah untuk orang yang santai, sedangkan sebelah kiri untuk orang yang buru2 (naik escalator sambil berjalan), sedangkan di Osaka berlaku sebaliknya.

7. Ketika kamu sedang menghadiri sebuah acara “Nomikai” atau Japanese drinking party, jangan pernah minum bir di gelasmu duluan. Tunggu samapi seseorang menyampaikan kata-kata pembukaan lalu setelah berkata “kampai” bersama-sama yang lain barulah boleh minum bir di gelasmu.

8.Jangan pernah terlambat!! Ini hal terpenting yang harus kamu perhatikan jika ingin mendapat penilaian yang baik dari orang Jepang. Mereka paling tidak suka menunggu orang yang tidak tepat waktu. Jika kamu dengan sangat terpaksa terlambat, teleponlah mereka, jelaskan alasanmu mengapa bisa sampai terlambat, dan sebutkan berapa lama kamu akan terlambat.

Gimana? Cukup jelas kan hal-hal apa saja yang dianggap tidak sopan oleh orang Jepang?? Berlakulah seperti orang Jepang ketika kamu berada di Jepang 😀 (lanjut ke PART 2)

Sumber: Pengalaman Pribadi Penulis

  1. ladila
    6 tahun yang lalu

    wow, sumbernya pengalaman penulis sendiri! Sugee..~~

    Hmm.. Yang no. 8 pasti paling sulit dilakukan oleh orang Indo
    udah terkenal dengan jam karetnya, sih.. (=.=”)

    Reply
    • Ana
      6 tahun yang lalu

      iya ya.. kalo di Indonesia janjian masih pake akhiran -an, jam 8an, jam 2an, jadi uda kaya tau kalo bakal ga bisa tepat waktu ya 😀

      Reply
    • J-Cul
      6 tahun yang lalu

      setujuuuu admin ama ladila…hahahha

      Reply
  2. amenx
    6 tahun yang lalu

    baru tau ane..hahahaa

    Reply
    • AGORa CLX
      6 tahun yang lalu

      sama dong gan 🙂

      Reply
    • Ana
      6 tahun yang lalu

      nais inpoh dong gan??

      Reply
  3. acchan
    6 tahun yang lalu

    Iya yah. Di Indo mah ngaret udah biasa. Di Sekolahku aja ada guru native yang selalu tepat waktu. Jam ngajar jam 10, walaupun belum bel (belnya kadang telat juga) tetep aja udah masuk keals jam 10. Jadi malu sendiri sama si Miss.

    Reply
  4. Irfan
    6 tahun yang lalu

    Gue punya pengalaman ttg terlambat…
    Gak akan terlambat lg deh,
    demi melatih ntar prgi ke jepang

    Reply
  5. Ryna Hitsune
    6 tahun yang lalu

    tentang eskalatornya harus diinget-inget tuh.
    untungnya guruku bener-bener disiplin waktu. bel istirahat baru bunyi 10 detik guru udah masuk

    Reply
  6. Ravenitsu Kouzimaru
    6 tahun yang lalu

    waahh,,,, lumayan nambah pengetahuan budaya jepang nih.
    makasih info.y kk min.

    Reply
  7. Pasha rico erdiyantho
    5 tahun yang lalu

    Untung di smk guwe di ajarin di siplin jadi mudah-mudahhan aja kalo di jepang kaya gitu

    Reply
  8. bustobass
    5 tahun yang lalu

    Hidup di Jepang susah juga yah..

    Reply
  9. luthfi
    5 tahun yang lalu

    wah semoga suatu saat bisa ke jepang

    Reply
  10. Ayu dilla
    4 tahun yang lalu

    Gilaa juga yach gan and alay2 dkit gitu…whahaaaaa
    kita di indonesia woles ajalah

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya