Itsukushima Shrine

Kuil Itsukushima (厳島神社) sangat terkenal di pulau Itsukushima, atau sering disebut pulau Miyajima, yang terletak di Prefektur Hiroshima,  Jepang. Banyak Selain karena sudah tua, kuil ini memiliki keunikan tersendiri. Baik gerbang, maupun bangunan kuilnya terletak di atas air. Kuil dengan bentuk seperti sekarang dibangun pada abad ke-12, ketika Taira no Kiyomori, seorang panglima perang yang kuat dari klan yang sama, menyumbangkan dana untuk konstruksi. Kuil Itsukushima dibangun memanjang hingga keluar teluk, sehingga orang bisa mengunjunginya tanpa melanggar larangan menyentuh pulau yang suci.

itsukushima-shrine_2

Kalau ingin mengunjungi kuil ini, kalian harus naik kapal ferry yang secara teratur berangkat dari Hiroshima. Sebelum sampai di bangunan utama kuil, kita akan melewati Toori Floating Gate. Toori Floating Gate adalah gerbang merah raksasa yang berdiri kokoh di tengah laut. Gerbang yang memiliki tinggi 16 meter dan lebar 24 meter ini pertama kali dibangun dan dikembangan pada abad ke-12. Namun gerbang yang sekarang merupakan hasil karya yang dibuat tahun 1875.

itsukushima-shrine_1

Saat air sedang surut, kuil beserta gerbang tampak berdiri di atas pasir putih. Kita bisa mendekati gerbang raksasa kuil ini dengan berjalan kaki. Asik sekali! Saat air laut sedang pasang, kuil dan gerbang tersebut perlahan-lahan mulai dikelilingi lautan. Bangunan kuil ini akan tampak bagai mengapung di atas air. Jika air surut, pengunjung bisa berjalan kaki mendekati gerbang raksasa ini

itsukushima-shrine

Menurut legenda, kuil Itsukushima menjadi tempat lahirnya agama Shinto. Shinto adalah keyakinan yang dianut oleh masyarakat Jepang. Penduduk setempat mengangkap kuil ini sebagai tempat suci. Karena kuil ini dianggap suci, di sekitar kuil tidak perbolehkan ada kelahiran dan kematian. Nah, untuk itu, sejak tahun 1878 pihak pengelola tidak mengizinkan ibu yang sedang mengandung dan orang tua masuk ke dalam kuil. Kuil Itsukushima dibangun diatas air sehingga tampak mengapung dan terpisah dari tanah karena air dianggap elemen yang suci, sedangkan tanah dianggap sebagai elemen yang kotor.

Menurut cerita rakyat setempat, kuil ini sudah ada sejak tahun 593 dan dibangun oleh Saeki Kuramoto. Kuil ini dihadiahkan untuk tiga putri Susanoo no Mikoto. Ketiga putri Susanoo no Mikoto ini, adalah: Ichikishima Hime, Tagitsu Hime, dan Tagori Hime. Dalam ajaran Shinto, Susanoo no Mikoto adalah dewa laut dan badai. Ia juga merupakan saudara dari Amaterasu, dewa matahari.

Selama era Taira no Kiyomori, kuil Itsukushima menjadi tempat ibadah bagi anggota Klan Heike. Kuil Itsukushima telah berkali-kali mengalami perbaikan sejak akhir zaman Heian, sedangkan pemugaran secara besar-besaran pernah dilakukan oleh Mōri Motonari setelah menaklukkan Sue Harukata dalam Pertempuran Itsukushima di tahun 1555. Hingga saat ini, Kuil Itsukushima merupakan lokasi yang populer untuk pernikahan tradisional Jepang, selain digunakan sebagai penyelenggaraan upacara dan tarian-tarian tradisonal. Selain itu, menurut kepercayaan, kalau kita menaruh koin diantara kaki-kaki Toori lalu mengucapkan apa yang kita minta di dalam hati, maka permintaan kita akan terkabul.

itsukushima-shrine_3

Diperkirakan, umur bangunan kuil ini sudah mencapai lebih dari 1400 tahun. Dan sejak tahun 1996, kuil ini dicatat sebagai warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO.Jika anda ingin berlibur untuk melepas penat dan tertarik untuk mengunjungi kuil ini, maka anda sebaiknya datang pada bulan Maret. Pada bulan ini anda akan punya peluang terbaik untuk menyaksikan pernikahan tradisional khas Jepang.

Beberapa komentar wisatawan di trip advisor mengenai kuil ini:

  • Zuu2goma (Kanagawa )–> Senja Yang Sungguh Fantastic, kalian akan tahu bahwa ini adalah warisan dunia tanpa harus mengatakan. Kuil ini seperti istana perdamaian dan Torii memiliki cat merah sangat indah. Megah, seperti mengambang di atas air. Permukaan air akan berwarna merah di saat senja.
  • Lanilani (Tokyo)–> Karena air surut, aku bisa berjalan ke Torii di siang hari. Air Pasang tinggi di malam hari, saya pergi ke Miyajima mengikuti tur malam di perahu. Saya terkesan suasana khidmat ketikamelewati gerbang torii dengan perahu.  
  • Youpi30 (Tokyo) –> Gelombang tinggi pada 10:00 ketika saya tiba! Torii terlihat bersinar di laut, juga lantai kuil Itsukushima,ini sangat fantastis.  Ketika kami berkunjung, Saddharma Pundarika Sutra dibacakan dsalam upacara Segaki Buddha Toriokonawa di Senjokakuyang merupakan budaya Jepang
  • Keikeikei-ko (Tokyo) –>> Salah satu dari tiga tempat terindah di jepang. Saya ingin tingggal lebih lama lagi di Miyajima Itsukushima Shrine. Tetapi hanya ¥ 400 untuk pulang-pergi sehingga bisa datang lebih sering. Anda dapat membeli beberapa souvenir. Banyak orang-orang datang saat sore hari.

peta

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

 

Sumber: tripadvisor, japan-guide

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya