Istilah-Istilah Jepang Yang Menggunakan Kata “Neko”

Pernahkah kalian mendengar istilah “Anjing menggonggong timpuk aja?”

Nah di Jepang juga ada beberapa istilah yang menggunakan kata hewan didalamnya. Dalam hal ini yang digunakan adalah kata “Neko” (Kucing)

Penasaran dengan istilah-istilahnya? yuk kita simak

 

img_5869-e1416235042607

Nekojita 猫舌

Nekojita secara harafiah berarti “Lidah Kucing”. Istilah ini digunakan ketika seseorang makan/minum sesuatu yang terlalu panas kemudian orang itu menjulurkan lidahnya keluar, Hal ini sama seperti kucing yang tidak menyukai sesuatu yang panas sehingga saat kucing makan/minum yang panas, dia (mungkin) menjulurkan lidahnya.

 

img_5870-e1416235066251

Nekoze 猫背

Nekoze secara harafiah berarti bungkuk/membungkuk. Biasanya orang Jepang menggunakan istilah ini untuk memberitau bahwa anda dalam kondisi yang mengharuskan anda untuk “Lari atau Melawan”. Hmm mimin enggak ngerti maksudnya apa, mungkin karena mimin bukan orang Jepang asli.

 

img_5872-e1416235085269

Nekoguruma 猫車

Nekoguruma secara harafiah berarti gerobak. Istilah ini digunakan untuk orang-orang yang bisa masuk dan duduk di ruangan yang sempit. Seperti halnya kucing yang bisa nyelip disudut gerobak secara bergerombol. Awalnya kita kira enggak bisa masuk tapi ternyata muat.

 

img_5867-e1416235103402

Nekozame 猫鮫

Nekozame secara harafiah berarti Ikan Hiu Kucing. Sudut pandang orang Jepang dalam melihat hewan cukup menarik, ikan hiu martil yang memiliki kepala seperti sayap dilihat oleh orang Jepang seperti kuping kucing. Maka mereka menyebut ikan itu Cat Shark (sama seperti orang menyebut catfish/ikan lele).

 

img_5868-e1416235123168

Nekomusume 猫娘

Nekomusume secara harafiah berarti Gadis Kucing. Karakter yang bertingkah/terlihat seperti kucing. Kalau JCulers suka menonton anime atau membaca komik pasti banyak karakter cewek yang tingkahnya seperti kucing. Nah, istilah inilah yang digunakan untuk menggambarkan karakter tersebut. Istilah ini bisa bermakna baik atau buruk.

 

img_5874-e1416235137149

Nekobaba 猫糞

Nekobaba secara harafiah berarti Tai Kucing. Kalian pasti tau kan kalau abis eek kucing suka mengubur kotorannya? Nahh istilah ini sering digunakan untuk orang yang suka melakukan kebohongan untuk menutupi kebohongan/kejahan yang mereka lakukan.

 

img_5873-e1416235167343

Nekodamashi 猫騙し

Nekodamashi secara harafiah berarti menipu kucing. Dikehidupan nyata biasanya nekodamashi diartikan “menepuk tangan didepan wajah seseorang untuk membuatnya bingung”.

 

img_5877-e1416235187355

Neko ni koban 猫に小判

Neko ni koban secara harafiah berarti memberikan koin/uang emas kepada kucing. Biasanya istilah ini digunakan untuk menggambarkan 2 situasi:

Pertama: Memberikan sesuatu kepada seseorang tetapi orang tersebut tidak bisa menghargai sesuatu tersebut.

Kedua: Mengejar sesuatu yang mana kita sendiri belum benar-benar paham akan sesuatu tersebut.

 

Dua hal diatas digambarkan sama seperti bila kita memberikan koin emas kepada kucing. Dia akan senang memainkannya tanpa pernah tau gunanya koin itu untuk apa.

 

img_5871-e1416235209345

Nekokaburi 猫かぶり

Nekokaburi secara harafiah berarti penutup kucing / jilbab. Istilah ini biasanya digunakan untuk orang yang suka berpura-pura tidak bersalah padahal itu salahnya dia. Istilah ini juga bisa diartika seperti serigala berbulu domba.

Situasi ini biasanya terjadi apabila anda pecinta kucing, trus kucing anda memakan ikan goreng yang anda siapkan untuk anda makan, ketika mau memukul si kucing anda akan melihat tampang blo’onnya yang seolah-olah tidak bersalah.

 

img_5875-e1416235226381

Koukishin neko wo korosu 好奇心猫を殺す

Secara harafiah berarti rasa ingin tau bisa membunuh kucing. Istilah ini biasanya digunakan dalam situasi dimana anda sangat kepo dan serba ingin tau, namun kemudian keingintauan anda tersebut membawa anda ke suatu kondisi/fakta yang membuat anda menyesal menetahuinya/memperburuk kondisi anda.

 

Nah JCulers, semoga bahasan istilah kucing ini bermanfaat yaa~

 

Sumber: www.rocketnews24.com

  1. Fikri
    2 tahun yang lalu

    min ada juga dorobo neko XD
    orang yg suka mencuri yg bukan hak nya hahaha
    netorare jg termasuk XD

    Reply
  2. Vindi
    2 tahun yang lalu

    kereen….saking kerennya aku jadiin nama blog ku

    visit yaa : htp://kamiigusa-suenaga.blogspot.com
    visit juga : http://gidayu-kunisada.blogspot.com

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya