Inilah Tempat Yang Disebut Sebagai Aokigahara-nya Indonesia

Mungkin kita mengetahui hanya di Aokigahara Jepang saja yang menjadi destinasi favorit bagi mereka yang berniat mengakhiri nyawa dengan cara gantung diri, itu hanya di Jepang, di Indonesia juga ada yang seperti di Aokigahara nya Jepang, dan lebih seram lagi… hiiiii

13543230791251531381

Dari data statistik, angka kematian tertinggi bukan terjadi di kota-kota besar semacam Jakarta atau Surabaya, tapi ternyata, angka bunuh diri tertinggi justru ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Di daerah ini yang punya kejadian bunuh diri paling tinggi se-Indonesia, sekitar 7 per 100.000 penduduk. Dan sampai dengan saat ini pemerintah daerah setempat belum bisa memastikan secara nalar apa penyebab seringnya warga lokasi tersebut lebih memilih untuk bunuh diri daripada berjuang untuk hidup lebih lama.

Bunuh diri di kalangan remaja, Kabupaten Gunungkidul menduduki rangking pertama. Para pemerhati tercengang dan prihatin.

Dari folklore masyarakat setempat, bahwa di sana tiap kali ada bunuh diri, dipercaya ada pertanda yang datang. Berupa Cahaya-cahaya misterius yang kerap muncul dan berterbangan seperti ini kerap disebut sebagai “Pulung Gantung” oleh Masyarakat Gunung Kidul , Yogyakarta.

Pulung Gantung?

Dari beberapa sumber, pulung gantung bisa diartikan seperti seberkas sinar berwarna merah yang datang dari atas langit dan jatuh ke sebuah rumah. Nah menurut mitos yang banyak beredar di daerah gunung kidul, jika sebuah rumah kena pulung gantung maka di rumah itu akan ada yang meninggal dunia. Nah meninggalnya bukan karena sebab sakit tapi justru bunuh diri.

471c3e8ed6c4f5f64e76e395c906dda978f78f04

Apabila ada salah satu warga setempat yang tanpa sengaja melihat pulung gantung, semua warga langsung panik dan ramai membaca istighfar, memukul kentongan sebagai penangkal agar dijauhakan dari marabahaya.

Pulung gantung sendiri biasanya terdapat pada malam hari dimana jika ada gelap memang lebih mudah keliatan. Sebenarnya sudah ada penelitian dari universitas gajah mada yang menyatakan bahwa sinar merah itu adalah sinar yang berasal dari perpaduan zat fosfor dan zat kapur yang memang banyak terdapat di gunung kidul. Tapi yang nama nya mitos memang susah di musnahkan dari masyarakat,apalagi jika masyarakat itu masih berpegang teguh pada mitos itu. 

hantu23

Jadi jika ada pulung gantung yang jatuh kesebuah rumah pasti para tetangganya langsung berpikir pasti penghuni rumah itu pasti akan ada yang bunuh diri,dan yang makin memperkuat mitos itu memang ada penghuni rumah yang kejatuhan pulung gantung bunuh diri.

Pulung gantung dipercaya berbentuk seperti cahaya yang menakutkan dan selalu memakan korban manusia dan hewan piaraan warga di sekitar kaki Gunung Kidul. Ada yang mengkaitkan dengan sosok Banaspati?

Menurut data dari kepolisian gunung kidul,memang terjadi cukup banyak kasus bunuh diri di daerahnya. Penyebabnya macam-macam,ada yang karena kesulitan ekonomi,putus cinta,bosan dengan penyakit yang tidak kunjung sembuh dan lain sebagainya.

30797_1281371557185_1316963424_30680072_3656394_n

Lebih jauh lagi, keanehan yang terjadi di kawasan Gunung Kidul ini ditambah lagi dengan matinya sejumlah ternak dengan cara yang aneh. Mulanya masyarakat Gunung Kidul menganggap petaka ini hanya kejadian biasa. Bahkan, ratusan kambing yang mati itu diduga akibat dimakan serigala hutan.

Dikaitkan dengan Banaspati?

Namun, sekarang ini warga mulai curiga dan menyebut-nyebut adanya makhluk yang mereka anggap gaib dan disebut sebagai banaspati.

Menurut kepercayaan, makhluk itu bisa berwujud anjing-anjing liar atau banaspati muncul di malam hari dan sulit ditangkap karena bisa menghilang secepat kilat. Mata kita melihatnya sebagai bola api, sementara orang di Gunung Kidul sana menyebutnya pulung. Kehadirannya selalu mengundang rasa ngeri. Pasalnya, ia dipercaya sebagai pembawa sasmita gaib. Ada saja musibah yang terjadi jika ia muncul. Tetapi, kengerian dan tanda tanya juga melanda negara maju seperti Amerika dan Eropa, meskipun keberadaannya tetap mengundang kontroversi.

cattleabductionmutilati

Walaupun penduduk menuding pulung gantung, sesepuh Desa Siraman, gunung Kidul, Hadi Sumarto yang berumur 74 tahun berpendapat, pulung bukanlah pendorong seseorang untuk bunuh diri, melainkan sekadar sasmita gaib atau petanda sesuatu akan terjadi.

Itulah sekilas misteri pulung gantung yang masih ada. Menurutku jika kita punya masalah sebaiknya curhatlah pada orang tua atau teman. Sebab bunuh diri tak akan menyelesaikan masalah,apa tidak takut masuk neraka ya atau kasihan pada orang tua kita yang sudah membesarkan kita dari kecil dengan susah payah.

sumber : http://keepo.me/the-unsolved-mystery-channel/misteri-pulung-gantung-gunung-kidul

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya