Indonesia Belum Bebas Visa Jepang, Ini Alasannya

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, mengungkap alasan pemerintahnya belum bisa memberi fasilitas bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Alasannya adalah banyak WNI di Jepang melanggar batas waktu izin tinggal (visa) yang diberikan atau overstay.

Sebaliknya, pemerintah Jepang baru-baru ini memberlakukan kebijakan bebas visa bagi Warga Negara Thailand dan Malaysia. Katori mengaku tidak memiliki data rinci seberapa banyak jumlah WNI yang overstay di Jepang. “Kami mendapat laporan dari imigrasi Jepang, banyak WNI yang bermukim di sana dan telah melewati batas waktu yang ditentukan. Jumlahnya jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kasus yang dialami warga Thailand dan Malaysia,” ungkap Katori.

Untuk itu dia meminta kepada WNI, apabila visanya sudah habis agar segera diurus perpanjangannya dan kembali ke tanah air tepat waktu, sehingga tidak ada lagi kasus overstayyang dicatat oleh pihak imigrasi Jepang.

Walau Indonesia belum diberikan kelonggaran dapat mengunjungi Jepang tanpa visa, namun kata Katori, sudah ada langkah besar yang ditempuh Kedubes Jepang di Jakarta untuk mempermudah kunjungan WNI ke Negeri Sakura.

“Kami telah berupaya dengan cukup baik, karena saat ini WNI dapat memperoleh visa selama lima tahun untuk berbagai keperluan. Dan waktu kunjungan pendeknya telah diperpanjang dari yang awalnya 15 hari menjadi 30 hari,” tutur Katori.

Menurut Katori, WNI kini sudah dapat berkunjung ke Jepang kapan pun dan tinggal di sana paling lama hingga satu bulan. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Jepang pada 25 Juni kemarin memberikan kelonggaran visa bagi beberapa negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Ada tiga negara yang diberikan kelonggaran visa yakni Indonesia, Vietnam dan Filipina. Sementara dua negara lainnya yakni, Malaysia dan Thailand diberikan keleluasaan masuk ke Jepang tanpa perlu menggunakan visa. Pemerintah Jepang mengatakan kebijakan ini mulai diberlakukan pada 1 Juli 2013.

Alasan di balik kebijakan ini terkait peringatan 40 tahun hubungan persahabatan antara Jepang dengan ASEAN.

 

Mudah-mudahan warga Indonesia di jepang bisa disiplin memakai visanya >;<

 

 

Sumber: vivanews.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya