Ilmuwan Jepang Ciptakan Sel Pembunuh Kanker

Berbagai pengobatan yang sudah ada pun hanya bertujuan mengurangi kemampuan sel ‘jahat’ kanker untuk berkembang biak. Namun baru-baru ini tim peneliti dari Jepang menemukan pengobatan kanker baru dengan memanfaatkan sel T yang diklaim dapat membunuh kanker untuk pertama kalinya.

cancer-cell

Sebenarnya secara alami sel T atau bagian dari sel darah putih yang berperan utama dalam sistem kekebalan sel sudah terdapat di dalam tubuh setiap orang tapi jumlahnya kecil. Oleh karena itu peneliti menduga dengan menyuntikkan sel T tambahan dalam jumlah besar ke tubuh pasien maka upaya itu dapat memperkuat sistem kekebalan sel dan tubuh secara menyeluruh untuk melawan kanker.

bunuh-sel-kanker130104b

Tim peneliti dari RIKEN Research Centre for Allergy and Immunology yang dipimpin Hiroshi Kawamoto ini memprogram ulang limfosit T pembunuh pada orang dewasa menjadi sel-sel iPS dan mengamati bagaimana sel-sel ini terdiferensiasi. Caranya dengan memapari limfosit T pembunuh dengan ‘faktor Yamanaka’ atau sekelompok senyawa yang menginduksi sel-sel agar kembali ke tahap non-spesialisasi. Limfosit T baru ini juga diketahui aktif memproduksi senyawa anti-tumor.  photo02
“Langkah selanjutnya adalah menguji apakah sel T ini dapat membunuh sel-sel tumor secara selektif, tidak dengan sel-sel lainnya di dalam tubuh. Jika mereka bisa melakukannya maka sel-sel ini dapat disuntikkan langsung ke dalam tubuh pasien untuk terapi. Bahkan hal ini bisa direalisasikan dalam waktu dekat,” tukas Dr. Kawamoto.

limfosit mengenal

Semoga penelitian ini berjalan lancar dan membawa manfaat bagi umat manusia di dunia ya minasan 😀

Sumber: bbc.co.uk

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    jepang memang no 1…,
    nice info, thanks for info.
    J Col maju TERUSS,,,,

    Reply
  2. Irfan
    5 tahun yang lalu

    cepet cepet dipublikasikan ya

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya