Hobby Membersihkan Toilet Umum Di Jepang

Pada Minggu pagi, ada 35 orang dewasa dan anak-anak yang berkumpul di dekat toilet umum di sekitaran Tokyo. Mereka berkumpul untuk memulai kegiatan rutin, membersihkan toilet umum. Mereka adalah anggota dari Benjyo Soujer, klub sosial yang didirikan melalui Facebook, dan memiliki misi utama membersihkan jiwa dengan cara membersihkan toilet umum.

japanese_toilet_cleaning_group

Para anggota Benjyo Soujer mengawali langkah mereka dengan mencampur larutan pembersih lantai ke ember dan mulai menggosok lantai toilet. Uniknya, ke-35 anggota kelompok itu tidak menganggap diri mereka sebagai relawan yang membantu pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan toilet umum.

Scrub-Toilet-Cleanse-Your-Soul

Mereka justru melakukan pekerjaan itu sebagai semacam ritual pembersihan roh yang mirip dengan yang dipraktikkan oleh para biksu Budha guna bisa menemukan kedamaian hati. Masayuki Magome, 45, adalah sosok dibalik berdirinya Benjyo Soujer pada 2011 silam.

“Kegiatan membersihkan toilet mingguan ini memiliki efek yang sangat positif pada anggota kami, dan bahkan juga anak-anak,” pungkas Masayuki kepada Associated Press.

Motto dari klub sosial Benjyo Soujer sendiri adalah “Bersihkan jiwamu dengan membersihkan toilet”, dan untuk membuat dampak dari kegiatan ini menjadi lebih efektif, Masayuki membuat peraturan berupa para anggota harus menggunakan tangan kosong mereka untuk membersihkan toilet umum.

“Pada dasarnya, kotoran adalah sesuatu yang keluar dari tubuh kita, sehingga kita orang dewasa tidak benar-benar berpikir itu sebagai kotor. Jadi tanpa memikirkan apapun, kita harus membersihkannya dengan tangan kosong, dan karena anak-anak melihat kita melakukan hal itu, mereka tidak benar-benar berpikir bahwa toilet itu kotor. Itulah salah satu filosofi kami,” jelas Masayuki.

Scrub-Toilet-Cleanse-Your-Soul_2

Meskipun apa yang dilakukan oleh Benijo Soujer adalah sesuatu yang terpuji dan bersifat sosial, tidak semua orang menganggap hobi membersihkan toilet di akhir pekan positif. Istri Masayuki sendiri sangat tidak suka dengan hobi akhir pekan yang biasa dilakukan oleh suaminya. Dia justru melihat itu sebagai sesuatu yang negatif.

Bagaimana menurut Anda???

 

  1. Inasub
    4 tahun yang lalu

    benar benar unik.. hihihihihi

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya