Hiburan Tradisional vs Modern di Jepang

Yosakoi2006b

 

Kalian pastinya udah ga asing dengan hiburan-hiburan dari negeri Sakura kan…tapi tau ga sih, dari dulu sampai sekrang Jepang udah memiliki banyak banget hiburan untuk rakyatnya, dari yang tradisional sampai modern

 

Tradisional / Klasik

Hal ini tidak mengherankan dengan 1000 tahun pembangunan sosial, Jepang kaya akan budaya dan bentuk-bentuk hiburan tradisional. Dari komedi tampar-lutut ke hiburan yang lebih rumit seperti kabuki teater.

Manzai

Komedi tunggal Manzai Jepang, berakar pada 1000 tahun lalu tetapi tidak mencapai bentuk sempurna seperti sekarang sampai hari tak lama setelah Perang Dunia II. Bentuknya yang sebanding dengan “Pria Lucu & Pria Jujur” dari Barat. Dimana salah satu komedian yang membuat komentar konyol dan sentimen, dan komedian lainnya menggali humor dari komentar konyol tersebut masuk kedalam logika dan membuatnya terlihat seperti orang bodoh. Kisah dilakukan di atas panggung, tanpa alat peraga.

Yang paling terkenal dan dicintai duo Manzai Jepang adalah Downtown’, yang memerintah adegan Manzai di 80 dan 90-an.

Karena humor Manzai didasarkan berat pada referensi budaya, permainan kata-kata Jepang, bahasa Jepang itu sendiri mungkin sulit bagi orang asing untuk melihat humor dari sandiwara.

Downtown Manzai kari”

 

Rakugo

Suatu bentuk  komedi di mana pemain tunggal akan duduk di panggung dengan alat peraga tetapi penggemar dan pemandu acara yang melanjutkan dan menetapkan untuk menjadi sebuah cerita (bermain dengan semua bagian dirinya), dan pada akhir cerita garis pukulan dijatuhkan.

Pertunjukan dapat berlangsung dari 00:40 jam.

Rakugo dimulai pada akhir 1700-an dan mencapai level saat ini popularitas di Periode Meiji. (akhir 1800-an hingga awal 1900-an). Pada waktu itu lebih populer daripada Manzai, tapi Manzai karena telah melampaui popularitas Rakugo ini.


Bon Odori

Awalnya festival dan tari dalam rangka menyambut roh-roh orang mati, makna keagamaan yang telah berkurang selama bertahun-tahun dan telah menjadi lebih dari sebuah perayaan musim panas dan hiburan umum (seperti Natal di Barat).

Setiap daerah  akan memiliki tarian yang berbeda dan musik untuk festival ini. Misalnya di Shikoku mereka akan memiliki Awa Odori‘, di Hokkaido mereka akan memiliki lagu rakyat Bushi soran mereka terkenal dan di daerah Kansai mereka akan memilikiKawachi Ondo .

Meskipun tarian yang berbeda untuk masing-masing daerah Typicall akan ada perancah kayu yang besar dan tinggi dengan musisi dalam bermain musik, dan penari menari dalam gerakan jarum jam. Kemudian di jalan, tari publik dalam lingkaran di sekitar perancah.

Yosakoi

Yosakoi atau dalam arti harafiahnya berarti datang pada malam hari” adalah lagu waktu malam dan tari yang mempunyai gerakan energik dan menarik ini hanya sebentar berada di dalam pulau Shikoku, di mana ia awalnya diciptakan. Sekarang menjadi bagian standar dari hiburan waktu musim panas untuk semua kota di negara ini, di mana sekolah akan membuat tim Yosakoi dan akan melakukan Yosakoi selama festival musim panas.

Musik yang dimainkan selama pertunjukan Yosakoi biasanya gabungan Barat & Timur, dengan keyboard, bass listrik, gitar dan beberapa instrumen kemudian alat musik tradisional seperti shamisen, shakuhachi dan taiko drum. Musik itu sendiri hidup dan serba cepat. PEmain berpakaian tradisional yang cocok untuk musik energik.

 

Noh

Ini bentuk yang sangat populer dari teater tradisional Jepang pertama kali dikodifikasikan dalam 1300-an, dan tujuh ratus tahun kemudian masih dilakukan hari ini. Hiburan ini mudah diketahui karena memiliki ciri figur yang agak besar karakter utama di tengah, mengenakan jubah dan banyak masker.

The Noh Format itu sendiri sangat dikodifikasi dan tepat; sementara ada cabang Noh yang mencoba untuk berkembang dari yang sudah ada, tetapi nilai seni-nya tetap tidak berubah. Bahkan fakta bahwa pemain selalu laki-laki, dan harus ada peran perempuan itu akan dimainkan oleh laki-laki.

 

Kyougen

Seperti ‘Noh’, Kyougen adalah bentuk lain dari teater klasik Jepang, perbedaannya adalah tujuan Kyougen adalah untuk membuat penonton tertawa. Teater komik ini digunakan selama jeda antara tindakan Noh memainkan, namun Kyougen dapat dilakukan sebagai dirinya sendiri, bukan bagian dari Noh.

Memainkan Kyougen yang singkat, rata-rata hanya sepuluh menit. 

 

Kabuki

Berkembang pada tahun 1600-an dimana perempuan menari diiringi lagu dengan tema yang agak erotis dan banyak pemain perempuan tersedia untuk prostitusi. Beberapa penonton laki-laki ingin membawa mereka ke atas sindiran-sindiran mereka setelah pertunjukan, Kabuki berevolusi selama bertahun-tahun, membolos pelacur dan berakhir dengan semua gips pria dan format disempurnakan oleh akhir 1700-an, menjadi Golden Age of Kabuki di Jepang.

Bunraku

Hiburan tradisional yang dimainkan dengan boneka yang disuarakan dan digerakkan oleh seseorang yang berpakain serba hitam. Jika di Indonesia hal ini disebut wayang. Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video dibawah ini

 

 

Hiburan modern

Tidak hanya sumo dan pergulatan yang ada di Jepang, banyak seni hiburan modern yang berlimpah di negeri matahari terbit.
Pachinko

Ini jenis mesin pinbola di mana orang berusaha untuk mengumpulkan sebanyak bola baja yang dia bisa untuk bertukar alam untuk hadiah. Berkembang pada awal tahun 1920-an. Tapi saat ini sudah banyak berkembang mesin panchiko,seni hiduran yang yang asli hanya bertahan sampai tahun 1980, saat ini berkembang sesuai dengan keinginan pembuatnya.

Saat ini di Jepang ada lebih dari 16.000 pachinko. Pemain Pachinko dapat memenangkan hadiah yang sangat menarik (elektronik seperti ponsel, komputer), ini dapat dipandang sebagai bentuk quasi perjudian. Memang sehingga ada beberapa panti di mana Anda dapat bertukar bola baja untuk uang tunai. Level permainan ini adalah semakin Anda bermain kemungkinan lebih tinggi bagi Anda untuk mendapatkan jackpot karena agak adiktif.

Anda dapat menemukan mesin Pachinko dimana saja di Jepang, namun tempat yang strategis kebanyakan berada di areal pelacuran.

 

Karaoke

The Pride of Japan: Karaoke, menyapu seluruh dunia pada tahun 1980 dan sekarang masa lalu tidak resmi dari Jepang, serta Taiwan dan Filipina.

Format Karaoke di Jepang (dan Asia pada umumnya) berbeda dengan yang ada pada barat, di mana di Jepang Anda akan duduk baik sendiri atau dengan kelompok Anda dari teman-teman di media untuk kamar berukuran kecil, dengan sepasang mikrofon dan TV untuk menonton dan menyanyi. Sementara di Barat Anda memiliki bar dengan panggung dan mikrofon, di mana individu melakukan di depan orang asing.

Harga karaoke di Jepang bervariasi sesuai lokasi (di kota itu lebih mahal daripada pedasaan), danlama Anda berkaraoke. Di mana Anda dapat membayar 500 yen per jam pada hari kerja, dan ¥ 1.000 per jam pada malam hari atau pada akhir pekan. Hal ini menyebabkan kebanyakan orang pergi untuk Quickies Karaoke selama istirahat makan siang mereka. S

 

Game Center

Game center Jepang mencerminkan budaya barat, bentuk permainan yang besar dan beberapa dari permainanmenawarkan hadiah kepada Anda jika Anda sebagai pemenang. Game Canter sangt populer dan banyak didatangi oleh pemuda-pemuda di Jepang.  Pusat Permainan selalu ditemukan di mal-mal atau stasiun kereta api.

 

 

Sumber: www.exploringtokyo.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya