Harus Sabar Menungu 1 Tahun Untuk Bisa Mendapatkan Bumbu Miso Ini

Nama tempat tersebut adalah Amekaze Shoyu yang terletak di Kota Sakai. Informasi soal alamat toko dan produk mereka bisa diakses di amekaze-sakai.com. Untuk membuat bumbu miso,  kita terlebih dulu harus membuat koji, yaitu beras yang dipanaskan lalu dicampur ragi. Beras itu harus dimasukkan ke kulkas setelah dipanaskan dan didiamkan sehari semalam di ruangan tertutup.

pagekikko-tenpo Besoknya, koji baru bisa dibuat dengan mencampurkannya dengan garam dan kacang kedelai. Khusus di toko Amekaze Shoyu, proses pencampuran dilakukan dengan teknik tradisional, menggunakan tangan. Komposisi perbandingan bahannya adalah koji 2, kacang kedelai 2, dan garamnya 1. Setelah halus, adonan dibentuk menyerupai bola-bola kecil dan ditekan hingga padat dan berair. Kemudian, adonan bola itu dilemparkan dalam sebuah ember dengan keras, dan ditempel di dinding ember supaya menempel. Begitu seterusnya hingga adonan menempel semua.

sakaimiso-b

Adonan yang ada di ember itu dibungkus plastik dan diberi tanggal. Kita baru bisa menikmati bumbu itu setelah disimpan selama setahun untuk mendapatkan rasa yang berkualitas. Produk ini sudah diakui seantero Jepang. Turis yang berkunjung ke Sakai tak akan melewatkan toko ini untuk membeli bumbu miso. Pemesanan lewat website pun tak sedikit. Bumbu miso tidak hanya digunakan untuk sup. Bumbu itu juga bisa dijadikan bumbu saat barbeque, jadi topping makanan Jepang, saus, atau variasi lainnya.

M01

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    w tunggu

    Reply
  2. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    langkah awal,y hampir sama kaya pembuatan tape gitu yah.
    hehehehee…,

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya