Google Rayakan Pencipta Makanan Replika

Kalian ngerasa surprise gak hari ini (12 September 2016), saat mencoba browsing dengan menggunakan google?? ada gambar seperti ini yang muncul, replika berbagai macam makanan

google

Mimin sendiri ngerasa penasaran, wahh hari apa yhaa sekarang , kq google tampilannya beda??? dan setelah mimin browsing semua itu ditujukan untuk peringati hari lahir sang pencipta replika makanan, Takizo Iwasaki asal Jepang.
Google Doodle merupakan logo-logo Google yang dimodifikasi sedemikian rupa sesuai perayaan atau acara tertentu di sebuah negara. Logo ini ditampilkan pada halaman depan (home) Google saat pengguna membukanya.

Hari ini, 12 September 2016, Google Doodle menampilkan deretan makanan lezat. Seperti ramen dengan tempura, soba, omelet, bento, dan pancake. Namun semua makanan ini adalah replika yang terbuat dari plastik atau lilin.

Adalah Takizo Iwasaki, pria asal Jepang yang pertama kali memperkenalkan replika makanan pada tahun 1930-an. Ia membuat replika makanan atau dalam bahasa Jepang disebut sampuru untuk menunjukkan hidangan yang disajikan sebuah restoran.

history_01

Takizo IWASAKI (1895-1965)

Karya pertamanya adalah omelet yang terbuat dari lilin. Kabarnya saat Iwasaki menunjukkan karya tersebut, sang istri tidak bisa membedakan antara sampuru dan omelet asli.
history_02

Sampuru omelet tersebut kini masih bisa ditemui di daerah asal Iwasaki, prefektur Gifu. Daerah ini juga terkenal sebagai tempat produksi replika makanan dunia.

 

Meski replika makanan kini lebih banyak dibuat dari plastik dibanding lilin, praktek pembuatannya masih dilakukan dengan tangan (handmade) dan jarang diproduksi massal. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan kualitas sampuru sekaligus menjaga keunikan sampuru dari tiap pesanan restoran.

Tepat pada hari ini, jika masih hidup Takizo Iwasaki merayakan ulang tahunnya ke 121. Google pun membuatkan Google Doodle untuknya sebagai bentuk apresiasi asal muasal pembuatan replika makanan atau sampuru.

 

 

Sumber: food.detik.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya