Geng Motor Jepang

Geng motor di Jepang disebut bosozoku. Bosozoku sendiri adalah sub-urban culture dari Jepang, yang bermula dari kebosanan beberapa pemuda Jepang pada tata sosial formal di Jepang. Kemudian, pada 1950-an, anak-anak muda ini berkeliaran dengan sepeda motor besar (yang pasti buatan Jepang) dan menimbulkan kebisingan.

genk_motor

Ciri khas dari bosozoku adalah mereka berpenampilan super nyentrik. Sebagian besar dari bosozoku memakai pakaian pilot dari masa perang dunia kedua, yang kadang-kadang ditambahi jubah ala samurai. Beberapa kelompok Bosozoku malah memakai pakaian bikers ala Marlon Brando (di film The Wild One), tapi dengan rajinnya mengibarkan bendera Jepang – tergantung kelompok bosozoku masing-masing.

genk_motor_jepang_1

genk_motor_jepang_2

 

Sepeda motor bosozoku juga gak kalah nyentrik. Selain melepas filter knalpot dan suka mblayer-mblayer dijalan umum biar diliatin orang, penampilan motor ala bosozoku dimodif dengan lebay. Misalnya : pemakaian fairing super tinggi, ditambah stang yang diganti dengan model tinggi, membuat medium sports bike mereka menjadi tampak seperti sepeda motor chopper.

genk_motor_jepang_3

genk_motor_jepang_4

Kebanyakan sepeda motor bosozoku, memiliki sandaran jok belakang yang super tinggi. Kepolisian Jepang menyebutkan, kalau sekarang bosozoku bergerak dalam kelompok yang lebih kecil, mungkin agar mereka tidak langsung dicurigai oleh polisi. Biar lebih gak mencolok, banyak bosozoku yang sejak 2010 mengkandangkan sepeda motor laki mereka, dan mulai berkeliaran dengan skuter. Modifikasi skuter dapat dilihat disini.

genk_motor_jepang_5

Bosozoku ternyata gak cuma main motor, mereka juga suka memodifikasi mobilnya. Bosozoku Style, aslinya punya beberapa gaya mobil.

Gaya pertama adalah Shakotan Style. Mobil yang dimodif pake gaya shakotan, suspensinya diceperin seceper-cepernya, plus diberi knalpot dengan diameter besar, yang kadang juga keterlaluan panjangnya. Bahkan ada komik yang terinspirasi dari gaya shakotan ini, namanya Shakotan Boogie. Komik ini menceritakan kakak beradik yang mengendarai mobil super ceper.

genk_motor_jepang_6

Style kedua adalah Yanky Style.

Gaya yanky adalah gaya ABG Jepang tahun 1970-1980-an. ABG-ABG ini biasanya memakai baju hawai dan celana pendek. Sebetulnya gaya Yanky ini sama aja dengan gaya Shakotan, cuma, mobil Yanky dilengkapi dengan fender yang super besar.

genk_motor_jepang_7

Yang ketiga adalah VIP Style. Ini adalah kumpulan mobil-mobil mewah yang dimodifikasi dengan dicat warna-warna formal (hitam atau putiih), tanpa hiasan apapun dan sanga-sangat ceper.

genk_motor_jepang_8

genk_motor_jepang_9

 

Yang keempat adalah  gaya balap Grachan Style atau bisajuga disebut Garuchan. Garuchan terinspirasi dari balapan Grand Championship tahun 1970-1980-an di sirkuti Fuji. Gak heran, mobil-mobil Garuchan tampil dengan fender ala mobil nascar yang super besar di semua body. Biasanya, pemilik Garuchan car membawa mobilnya berkumpul waktu acara balap mobil.

genk_motor_jepang_10

genk_motor_jepang_11

 

Yang terakhir adalah  kombinasi semua gaya yang sudah disebutkan diatas. Namanya simple, bosozoku Style. Mobil para Bosozoku gak harus mobil sedan kuno bertenaga besar saja, mobil roti tawar seperti Daihatsu S38 diatas sampai mobil travel kayak Toyota Dyna.

genk_motor_jepang_12

genk_motor_jepang_13

Oleh orang Jepang, bosozoku dianggap mengganggu karena setiap tindakan mereka selalu berakhir dengan kerusuhan dan identik dengan Yakuza. Tapi, seperti orang Jepang yang lainnya, para Bosozoku sangat kreatif dalam mengekspresikan dirinya, setidaknya ada nilai seni di diri mereka.

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya