Gemininoid, Robot Android Manusia Pertama Buatan Jepang

Tentunya kalian ingat juga nih film Dragon Ball dan ketika Goku melawan musuh Dr. Gero. Yap disana Dr. gero menciptakan robot berbentuk manusia dengan nama Android 17, dan 18. Kedua robot tersebut dijuluki Android bukan tanpa alasan. Dijuluki Android karena sistem Android pada robot dapat berdiri sendiri. Yap bukan hanya dikartun akhirnya Jepang mewujudkan karakter tersebut. Pada 15 Juni kemarin di Global Futures 2045 International Congress, konferensi futuristis yang berfokus pada teknologi,i Jepang memperkenalkan sebuah robot baru dengan sistem Android!

geminoiddk

Robot Android yang diciptakan oleh ilmuwan robot Jepang ini bukanlah robot yang memiliki rangka baja seperti yang biasa kita lihat. Lebih jauh kedepan, Robot ini sangat mirip sekali dengan manusia. Pakaian, rambut, kulit maupun wajah. Seperti yang dilansir dari Yahoo, Ilmuwan robot Jepang Hiroshi Ishiguro, pimpinan Intelligent Robotics Laboratory di Osaka University, Jepang menggambarkan hasil karya itu sebagai android yang hidup. Namun di sana ada dua Hiroshi Ishiguro, yang hidup dan bernapas, dan yang satu lagu berupa robot.

8435028_orig

Penampilan si robot manusia itu sangat mengejutkan. Bahkan yang lebih hebat lagi robot itu mampu melakukan gerakan terkecil serta mengedipkan mata. Selama beberapa tahun Ishiguro telah mengembangkan sejumlah robot yang mengagumkan. Robot yang dipamerkan di sana adalah bernama “Geminoid”. Geminoid adalah sebuah android yang menyerupai manusia sungguhan yang dikendalikan dari jarak jauh oleh rekannya di belakang panggung. Ishiguro bergurau bahwa ia bisa menggunakan Geminoid untuk menggantikannya mengajar di universitas. Bahkan saking mirip dengan dirinya, orang-orang dapat menganggap android itu sebagai dirinya sendiri, kata Ishiguro. Selain robot Geminoid yang dipamerkan, Ishiguro juga mengatakan bahwa dia telah mengembangkan Geminoid lain, yang satu ini adalah android wanita yang bergaya, yang telah ia pamerkan di berbagai etalase toko pakaian. Robot itu sangat populer, membuat pakaian yang digunakan robot tersebut laku terjual dalam waktu relatif cepat, kata Ishiguro. Wow amazing!

010

Selain memamerkannya, Ishiguro juga membawa robot-robotnya berjalan-jalan sebagai bagian dari “teater android” yang berakting dengan ekspresi menyerupai manusia sungguhan. Teater Ishiguro bahkan pernah dipentaskan di sebuah gereja, membuat para penonton menyamakan sebuah robot perempuan sebagai seorang martir. Setelah menyadari bahwa robot-robotnya terlalu sempurna dengan kata lain “lebih manusia dibandingkan manusia,” seperti yang ia buat, Ishiguro mulai membuat robot yang sedikit tidak sempurna. (Contohnya, robot penggantinya yang tampak datar dan sedikit cemberut). Wah apakah nantinya Android 17, dan 18 akan lahir?

 


 

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya