Ganguro,“Japanese Black Face”.

Kalau berbicara tentang orang orang Jepang, apa yang pertama kali terlintas di pikiran kita?? Pasti kulit putih bersih, rambut hitam, dan gaya makeup yang imut bukan?? Ternyata di Jepang ada lho trend fashion yang bisa dikatakan ekstrem. Namanya adalah “Ganguro”. Apa itu ganguro??

Ganguro (ガングロ) yang secara harfiah dapat diartikan dengan  “black-face” adalah trend fashion Jepang yang mulai popular sejak tahun 1990-an. Anak muda Jepang yang mengikuti trend fashion ini akan menghitamkan kulit mereka, mengecat rambut mereka dengan warna “blonde” , menggunakan eyeliner berwarna mencolok dan bulu mata palsu, memakai rok mini dan baju dengan warna-warna mencolok, dan mengenakan sepatu dengan gaya mencolok. Untuk aksesoris, mereka akan menghiasi rambut mereka dengan aksen bunga yang besar dan berwarna warni, memakai kalung dan gelang yang “bling-bling”, serta menghiasi handphone mereka dengan stiker purikura. gaya fashion semacam ini tentu sangat bertentangan dengan konsep kecantikan tradisional menurut Jepang yaitu kulit putih dan gaya makeup natural. Trend fashion ini berkembang di daerah Shibuya, Tokyo.

Gadis yang mengikuti gaya fashion ini disebut “Ganguro Gals” atau “Panda Girls”.  Shoichi Aok, kreator dari FRUiTS magazine, menjelaskan bahwa hingga saat ini masih belum diketahui dengan jelas sumber inspirasi dari trend fashion ini, namun diduga bahwa anak muda Jepang yang mengikuti trend fashion ini adalah penggemar dari artis berkulit hitam seperti Janet Jackson atau Naomi Campbell. Ada satu manga atau komik Jepang yang menampilkan gadis gangguro sebagai tokoh utamanya, yaitu “Peach Girl”. Namun dalam komik ini diceritakan bahwa kulit gelap yang dimiliki tokoh utamanya adalah kulit alami, bukan hitam buatan.

Slide Show Video:

Sumber: www.urbandictionary.com, google images

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    trend ternyata udah sejak dari tahun 1990an yah.
    waaahhh,,, baru tau, makasi info,y kk min.

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya