“Fukubukuro” Hari Belanja dengan Diskon Besar di Jepang

Apakah kalian tahu tentang hari Boxing Day?? yap peringatan ini sering dilakukan negara-negara seperti UK, Australia, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa Negara Commonwealth lainnya sebagai hari belanja dan diskon besar-besaran di semua toko penjualan. Di Jepang sendiri, peringatan ini dinamakan “Fukubukuro” atau shopping day.

Jika boxing day dilaksanakan sehari atau dua hari setelah natal maka Fukubukuro dilaksanakan pada tanggal 1 dan 2 januari dalam rangka tahun baru.

Fukubukuro sendiri  berarti tas keberuntungan, berasal dari kata  fuku (福, good fortune/luck) dan bukuro (袋, bag).  Jadi boxing day dan fukubukuro kesamaanya juga adalah kedua-duanya mengandung kata kotak atau tas yang berisi sesuatu.

Secara sejarah fukubukuro mulai diperkenalkan di Jepang oleh Ginza Matsuya Department Store pada akhir periode Meiji. Dan hingga saat ini tradisi ini masih terjaga bahkan telah menyebar ke beberapa tempat seperti Honolulu dan Amerika Serikat. Bahkan ketika pembukaan Apple Store di San Fransisco pada tahun 2004, mereka menerapkan konsep fukubukuro atau lucky bags yang dihargai dengan $250 per tas nya.

Tujuan dilaksanakannya fukubukuro ini dulunya adalah untuk menjual barang yang berlebih atau sudah tidak diinginkan oleh toko dari tahun sebelumnya, apakah karena hampir rusak/kadaluarsa ataukah karena edisi terbaru sudah keluar. Tapi itu dulu, sekarang tujuannya lebih untuk menarik pelanggan ke toko mereka agar mengenali barang-barang jualan mereka dan tentunya untuk menyemarakkan tahun baru.

Fukubukuro_Takeshita_dori_02

Biasanya setiap toko telah menyediakan fukubukuronya masing-masing dengan harga yang menggiurkan. Selain itu untuk menambah semarak tahun baru, tiap toko memberikan diskon besar-besaran bahkan sampai 50 %  lebih. Dan yang menarik disini terdapat dua jenis fukubukuro. Yang pertama fukubukuro, yang berupa tas tertutup dan berisi beraneka ragam barang yang pembeli takkan tahu isi barangnya, jadi serasa tebak-tebak berhadiah.

Jenis yang kedua, adalah fukubukuro yang wadahnya transparan sehingga kita bisa melihat isinya. Yang kedua ini menguntungkan sih sebenarnya, karena kita bisa memutuskan apakah barang yang didalam kotak kita butuhkan atau tidak, karena walaupun murah kalau tidak dibutuhkan kan percuma juga. Tapi intinya adalah kedua jenis fukubukuro ini berisi barang yang jika digabungkan harganya lebih mahal dari harga fukubukuro itu sendiri. Kisaran hemat harganya mencapai 50 %. Tetapi sama dengan boxing day, anda harus siap-siap antri. Karena peminat fukubukuro ini bakalan banyak sekali dan akan membentuk antrian panjang mulai dari pagi sekali sebelum toko buka.

Fukubukuro-Japan

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya