Fukubukuro, Hadiah Tahun Baru Misterius Untuk Wanita Jepang

Toko serba ada di Jepang masih memelihara tradisi unik mengawali setiap tahun dengan menjual fukubukuro atau dikenal dengan kantong keberuntungan untuk memanjakan konsumen wanita.

040113fukubukuro

Pada awal tahun 2013, pengelola bisnis retail Seibu & Sogo Co, yang tahun ini membuka gerainya pada 1 Januari, di Ikebukuro, menyediakan 150.000 fukubukuro berisi berbagai macam barang diskon serta penawaran tahun baru lainnya. Fukuburo paling mahal dijual seharga 100.000 yen. Sebanyak 20.000 pembeli sudah mengantri sekitar 1 jam sebelum outlet itu buka.

fukubukuro 1

Kemudian, Ginza Mitsukoshi di Tokyo yang buka pada 2 Januari juga dipadati pengunjung untuk mendapatkan fukubukuro berisi pakaian dari desainer terkenal. Fukubukuro biasanya berisi barang-barang yang dijual toserba tersebut seperti pakaian, tas, sepatu ataupun makanan yang dijual lebih murah dari harga biasanya.

fukubukuro

Bahkan, pada tahun 2012 silam, fukubukuro yang disiapkan sejumlah toserba berisi berbagai macam perlengkapan darurat, sebagai antisipasi pasca bencana gempa dan tsunami pada Maret 2011 silam.

fuku-price

Tradisi fukubukuro sudah dimulai pada tahun 1907 yang dipopulerkan toserba Matsuya di Ginza. Awalnya fukubukuro disebut takabarako atau kotak harta. Namun sekarang tradisi ini hampir ada di semua toserba atau pusat perbelanjaan di setiap awal tahun.

lucky-bag

Sumber: halojepang.com

  1. Irfan
    5 tahun yang lalu

    coba buat ndiri ah

    Reply
  2. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    semoga tahun baru selanjut,y saya bisa rayakan di jepang. amin…,

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya