Episode Terakhir Manga Doraemon

Doraemon
Kisah pertama dan paling optimistik dipublikasikan oleh Nobuo Sato beberapa tahun yang lalu. Diceritakan suatu hari, Nobita pulang ke rumah dan merengek-rengek mengadu ke Doraemon. Tapi tak lama, ia menyadari ada sesuatu yang salah dengan Doraemon, robot kesayangannya itu hanya diam dan tak menjawab keluhannya. Ia pun segera menelpon Dorami, adik Doraemon, dan meminta petunjuk darinya. Dorami kemudian memberi tahu bahwa baterai milik Doraemon habis. Lebih jauh lagi, Dorami menjelaskan bahwa robot kucing versi lama seperti Doraemon seharusnya memiliki cadangan baterai pendukung memori di bagian telinga, tetapi karena Doraemon telah kehilangan telinganya, ia tidak memiliki tenaga cadangan untuk menyimpan memori dan ingatannya. Satu-satunya cara untuk menghidupkan kembali Doraemon adalah dengan mengganti baterainya, namun itu berarti Doraemon akan kehilangan seluruh ingatan tentang diri dan kawan-kawannya, termasuk tentang Nobita.

Disaat bersamaan, Polisi Waktu membuat peraturan baru dan melarang adanya “perjalanan waktu” dan menghalangi Nobita yang berusaha membawa Doraemon untuk diperbaiki di masa depan. Dorami kemudian memberikan sebuah pilihan, yaitu nekat menerobos Polisi Waktu, memperbaiki Doraemon di masa depan dan menghapus ingatannya atau menunggu seseorang dari masa depan datang dan memperbaiki Doraemon. Nobita memilih cara kedua. Nobita yang sangat kehilangan Doraemon kemudian berjanji untuk belajar keras demi Doraemon. Usaha Nobita berhasil, tiga tahun kemudian Nobita lulus SMA dengan nilai terbaik dan menjadi seseorang yang sangat populer di sekolahnya. Meskipun demikian, sifat Nobita yang ceria dan optimistik hilang, ia menjadi seorang kutu buku yang selalu menyendiri. Dua puluh sembilan tahun kemudian, diceritakan bahwa Dekisugi yang telah menjadi presiden Jepang mengadakan reuni dengan Suneo dan Takeshi. Ketiganya membahas mengenai masalah tentang “hilangnya” Doraemon dan tentang Time Paradox, sebuah teori yang menjelaskan bahwa sejarah dunia dapat berubah dengan diciptakannya mesin waktu. Dari percakapan itulah terpapar alasan kenapa Polisi Waktu tak memberikan izin pada Nobita untuk memperbaiki Doraemon di masa depan, karena Nobita itu sendiri yang menciptakan Doraemon. Setelah diperbaiki oleh Nobita di masa depan, Doraemon yang kembali mempunyai telinga dan tubuhnya yang menjadi berwarna kuning langsung dipeluk dengan erat. Pada akhirnya mereka hidup bahagia di masa depan.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat manga di bawah ini.

1 3 image002 image004 image005 image006 image007 image008 image009 image010 image011 image012 image013 image014 image015 image016

Jika kalian ingin mencari aksesori serba Doraemon dapat dilihat DISINI

  1. Nopieh
    5 tahun yang lalu

    Walaupun bukan dari penggambar aslinya tapi masih sering meneteskan air mata ketika membaca cerita ini.
    Padalan udah puluhan kali membaca cerita ini.

    Reply
  2. seta
    5 tahun yang lalu

    sediiih

    Reply
  3. Anonymous
    5 tahun yang lalu

    W0w Hebat,,,

    Reply
  4. Anonymous
    5 tahun yang lalu

    Hebat, terharu!

    Reply
  5. guruh
    5 tahun yang lalu

    ini beneran karya asli nya fujiko fujio??
    atau cuma Doujin ajas yo?

    Reply
  6. amil
    5 tahun yang lalu

    keren….mengharukan

    Reply
  7. ginahanari
    5 tahun yang lalu

    beneran tamat nih?

    Reply
  8. sahrul shabir
    4 tahun yang lalu

    hampir nangis gue baca nih komik.

    Reply
  9. pratama
    4 tahun yang lalu

    kerren :'(

    Reply
  10. chaca
    4 tahun yang lalu

    kerenzz… bgtz

    Reply
  11. dyah dewanti
    4 tahun yang lalu

    Sedihh banget sih cerita nya
    Terharu gue

    Reply
    • Hideo Itami
      4 tahun yang lalu

      iya, sedih yaaa

      Reply
  12. irawn
    4 tahun yang lalu

    Cerita doraemon memang seru, ta habis di makan waktu

    Reply
    • Hideo Itami
      4 tahun yang lalu

      iya kak, benar sekali 😀

      Reply
  13. jio
    4 tahun yang lalu

    ini buatan fans :3

    Reply
  14. Doraemon
    4 tahun yang lalu

    Lebih sedih dan tuntas kalau endingnya seperti ini bukan seperti di Film Bioskop Sekarang.

    Reply
    • siti yuningsih
      3 tahun yang lalu

      :'( sedih banget ceritanya

      Reply
  15. silverizawa
    4 tahun yang lalu

    always stand beside me, doraemon :’)

    Reply
  16. rezza
    4 tahun yang lalu

    SEDIH BANGET :'( , bacanya gimana sih gan? urutannya gmna?, gue sedih baca ga karuan, ga tau urutannya, sedih banget T_T

    Reply
    • Dekisugi
      3 tahun yang lalu

      sungguh sedihnya menyayat mata sampe ke otakkukisah pilu nan heroik, saking sedih banget sampe gx bisa mencerna sedihnya itu dimana ;,,_(((

      Reply
  17. fauzi
    4 tahun yang lalu

    mengharukan

    Reply
  18. Fathul umam
    3 tahun yang lalu

    Y menyedihkan ak suka sekali dgn doraemon bahkan aku punya bonekanya berbulu biru

    Reply
  19. fritzzy letsoin
    3 tahun yang lalu

    Happy ending,,,,keren bnget

    Reply
  20. naufal
    3 tahun yang lalu

    sedih stand by me :((

    Reply
  21. Andrio Jaya
    3 tahun yang lalu

    ceritanya waw

    Reply
  22. candra maulana h
    3 tahun yang lalu

    SANGAT meyentuh hati.saya juga nangis bacanya.

    Reply
  23. Anonymous
    3 tahun yang lalu

    Is’ AMAZING

    Reply
  24. anisa ramadhani
    3 tahun yang lalu

    boleh di copy nggak ??

    Reply
    • J-Cul
      3 tahun yang lalu

      bolee…tapi isi j-cul sbg sumbernya yhaa..

      Reply
  25. Marchell
    3 tahun yang lalu

    Luar biasa mengharukan…
    Walaupun bukan ditulis oleh pencipta resminya,tapi ending dr cerita ini sungguh mengena dan menganduk banyak nilai moral…
    Persahabatan,kegigihan,harapan,pantang menyerah,dan mengubah jalan hidup…
    Saya sudah membaca komik ini sejak SD,tidak pernah ada yg saya lewatkan satupun…
    Cerita yg tidak akan pernah terlupakan dan legenda dari generasi kita yg tidak akan dapat dimengerti dan dipahami oleh generasi sekarang dan selanjutnya,betapa indahnya cerita dan kisah jaman dulu sebelum semakin majunya teknologi seperti sekarang ini…
    U are legend Doraemon and Friends,thanks to Master Fujio make this legend story…
    Terimakasih untuk saudara/i J.cul yg telah memposting tentang manga ini 🙂

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya