Ekiben, Bento Yang Praktis dan Nikmat

Ekiben berasal dari kata eki (駅) yang berarti stasiun dan ben (弁) yang diambil dari bentou (弁当) yang berarti bekal makanan, sehingga ekiben berarti bentou (bekal makanan) yang khusus dijual di stasiun kereta sebagai menu santapan bagi para pengguna kereta yang tidak sempat makan di rumah atau di restoran.

Ekiben

Ekiben pertama kali dijual di stasiun Utsunomiya pada tahun 1885. Kemunculan bekal makanan tersebut langsung menjadi populer dan diikuti oleh banyak pedagang lainnya di stasiun seluruh jepang. Ekiben menjadi semakin menarik karena masing-masing pedagang menjual bentou dengan makanan khas daerah masing-masing. Pada masa awal kemunv=culannya, ekiben dikemas dalam kotak kayu namun sekarang ekiben lebih banyak dikemas dalam kotak-kotak plastik berbagai ukuran.

ekiben-yokohama-kiyoken

Selain disertai dengan sumpit kayu , beberapa ekiben juga menyertakan sendok. Tidak hanya dijual didalam stasiun atau di peron, ekiben juga dijual di dalam kereta. Tidak sedikit stasiun yang menjadi terkenal karena menu ekiben nya yang lezat. Masa kejayaan ekiben berakhir pada tahun 1980-an, karena pada masa itu transportasi udara sudah populer sehingga banyak orang yang memilih bepergian menggunakan pesawat. Walau begitu, hingga saat ini ekiben masih bisa kita temui di stasiun-stasiun kereta Jepang.

RIMG0006

 

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya