Eikan-dō Zenrin-ji

Kuil Eikan-do, atau nama resminya adalah Shujuraigousan Muryojuin Zenrin-ji, adalah sebuah kuil yang menjadi pusat aliran Seizan, cabang dari aliran Jodo-shu (atau Pure Land Buddhism) yang merupakan aliran Budha terpopuler di Jepang. Kuil ini termasuk salah satu kuil yang telah memiliki perjalanan sejarah yang panjang, karena sudah didirikan sejak periode Heian (710-1185), tepatnya kira-kira pada tahun 850-an.

Dulu, di area kuil Eikan-do ini terdapat sebuah vila yang dimiliki oleh bangsawan Heian, Fujiwara no Sekio. Bangsawan tersebut kemudian mendonasikan vila-nya (menurut versi lain bangsawan tersebut menjual vila-nya), dan mengubahnya menjadi sebuah kuil Budha bernama Zenrin-ji (nama resmi dari Eikan-do) yang memiliki makna ‘Temple of Forest of Zen’.

eikando_temple_1

eikando_temple_2

Kuil ini sebelumnya sempat didedikasikan untuk aliran Shingon (cabang dari Esoteric Buddhism), sebelum akhirnya berubah menjadi kuil untuk aliran Jodo pada tahun 1224. Lalu kenapa kuil Zenrin-ji ini lebih populer dengan nama Eikan-do? Nama ‘Eikan’ diambil dari nama Yokan (1033-1111) yang merupakan bhiksu legendaris di kuil ini.

Ada satu legenda menarik yang berkaitan dengan Yokan (atau Eikan). Konon pada 15 Februari tahun 1082, saat Yokan sedang berjalan melintasi altar sambil mengucapkan kalimat ‘Nembutsu’, tiba-tiba patung Amida yang berada di altar tiba-tiba turun dan berada di depan Yokan.

Yokan yang terkejut pun berhenti berjalan, dan patung Amida itu kemudian menegur ‘Yokan, kamu terlalu lambat!’ dengan cara menoleh ke belakang melalui bahu sebelah kiri. Sejak saat itu patung Amida tersebut tetap dalam posisi seperti itu (yang disebut posisi ‘mikaeri’ atau menoleh ke belakang), dan populer dengan nama Mikaeri-Amida. Sampai saat ini patung Mikaeri-Amida masih terdapat di kuil Eikan-do dan telah diakui sebagai Important Cultural Asset.

Setelah melewati pintu gerbang utama, Anda akan melalui jalan setapak sementara di sisi kiri terdapat dinding berwarna putih.

Dinding tersebut membatasi 2 bangunan yang menjadi bagian dari kompleks Eikan-do, yaitu Shogakuin dan Chifukuin. Di seberang kedua bangunan tersebut terdapat bangunan perpustakaan. Anda terus saja berjalan menyusuri jalan setapak hingga menemukan sebuah gerbang bernama Chu-mon. Disinilah Anda harus membeli tiket untuk dapat masuk ke area kuil Eikan-do.

Sebagai gambaran umum, kuil Eikan-do ini terdiri dari beberapa bangunan yang dihubungkan dengan koridor beratap, dan memiliki sebuah taman yang cukup luas. Untuk bangunannya sendiri, disini terdapat Eikando Hall, Seihoukaku, Kakujudai, Shuin, dan lain-lain.

Beberapa bangunan yang menjadi daya tarik utama di kompleks kuil ini antara lain adalah Shaka-do, atau Hall of the Historical Buddha. Bangunan ini memiliki Karamon, yaitu pintu gerbang yang dibangun dengan gaya Cina. Gerbang ini dulunya digunakan sebagai pintu masuk pesuruh dari kerajaan. Di balik Karamon ini terdapat taman pasir (taman kering atau karesansui).

Konon dulu para pesuruh tersebut harus meratakan gundukan pasir di area ini sebelum dapat memasuki Shaka-do sebagai sebuah bentuk penyucian diri. Adapun Shaka-do di kuil Eikan-do ini merupakan sebuah bangunan yang terdiri dari 6 ruangan dan dibatasi dengan fusuma (pintu geser) yang dilukis dan sudah dibangun sejak periode Muramachi.

Bangunan lain yang juga menjadi daya tarik di kompleks kuil ini adalah Miei-do, atau Daiden. Bangunan ini merupakan hall utama di Eikan-do. Disinilah tempat dilakukannya berbagai ritual keagamaan dan juga pembacaan chanting. Miei-do ini juga berfungsi sebagai founder’s hall, yaitu ditujukan untuk menghormati pendiri dari aliran sekte Jodo yaitu Honen.

Di sebelah Miei-do ini terdapat Amida-do, atau Amida Hall. Disinilah tempatnya patung Mikaeri-Amida terdapat, dan merupakan obyek pemujaan utama di kuil ini. Tak jauh dari Amida-do ini terdapat menara lonceng seperti yang biasa terdapat di kuil Budha, area pemakaman, dan uniknya, di kuil ini juga terdapat lift.

Berikut beberapa komentar pengunjung Eikan-dō Zenrin-ji yang kami ambil dari Tripadvisor:

  • tabegeinin (japan)–>> Daun musim gugur dan cahaya lampu di malam hari. Dengan sedikit berjalan dari stasiun, kami datang saat menjelang malam hari. Cahaya lampu sangat indah, dan tidak begitu ramai karena saya datang saat hari kerja. Daun maple yang sangat cantik.
  • wonderfulcaare (kyoto)–>> Daun maple di Eikando sungguh sangat menakjubkan
  • rabafuro (osaka)–>> Mungkin karena saya datang di pertengahan musim panas, sehingga hanya sedikit wisatawan lain yang datang. Begitu banyak dedaunan disini. Ada juga daun musim gugur yang saat itu memiliki warna yang berbeda walaupun saat musim panas. Tempat ini besar dan mengagumkan. Kebun yang indah dan tertata rapi.
  • myasu (Tokyo)–>> Saya datang ke Eikando pada bulan Mei untuk menikmati hijaunya dedaunan. Tempat ini sangat terkenal dengan maple nya, dan saya benar-benar mneikmatinya disini.

 

Mau ke tempat-tempat ini teman-teman?
Biar lebih hemat, pakai JR PASS  yhaaa…. (^-^)

jual_jr_pass

Daftar Harga JR Pass

Japan Rail Pass
Type
Ordinary
Green Car
Duration
Dewasa
Anak
Dewasa
Anak
7 consecutive days
29,110 yen
14,550 yen
38,880 yen
19,440 yen
14 consecutive days
46,390 yen
23,190 yen
62,950 yen
31,470 yen
21 consecutive days
59,350 yen
29,670 yen
81,870 yen
40,930 yen

 

Yang paling istimewa adalah, JR Pass ini khusus untuk WNA Jepang, alias orang Jepang sendiri tidak menggunakan fasilitas ini. Dan yang terpenting adalah, kalian harus ingat untuk menunjukkan fotokopi PASSPORT ASLI yang sudah mendapatkan visa dengan status “temporary visitor” saat membeli JR PASS.  Tunggu apalagi? buat kalian yang sudah punya rencana ke Jepang, beli JR Pass sekarang juga.

 

JR Pass bisa didapatkan di:

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) JAKARTA OFFICE TEL 021-29426820

WENDY TOUR (PT S.M.I. TRAVEL) BALI OFFICE TEL 0361-758027  FAX 0361-757429

EMAIL: [email protected]

Jika kalian ingin memesan secara langsung melalui telphone mohon untuk mengatakan mendapat informasi dari  jualjrpass.com ataupun melalui j-cul.com

 

 

Jual Jr pass

 

Jual Jr pass Jual JR PASS website Kalian tidak perlu capek-capek datang ke kantornya, karena JR Pass bisa dipesan lewat telepon dan akan dikirim ke alamat kalian.  Ayo buruan tunggu apa lagi!

Ada diantara kalian yang sudah datang ke tempat ini??? di share yhaa pengalamannya…….indahnya berbagi  :* :* :*

 

Sumber: tripadvisor, jalan2

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya