web_doraemon_doraemon_01

#WibuPositif: Doraemon Menangkan Hati Penonton Tiongkok

Pernahkah terbayang Doraemon berperan sebagai duta budaya Jepang di Tiongkok yang cenderung tertutup dan bermusuhan dengan Jepang?

Akhirnya, setelah sekian lama, pemerintah Tiongkok memberikan izin bioskop di Tiongkok untuk menyiarkan film Stand By Me, Doraemon. Munculnya Doraemon di layar lebar Tiongkok merupakan suatu kejadian luar biasa, mengingat sudah hampir tiga tahun tidak ada film Jepang yang menghiasi layar lebar Tiongkok. Pemerintah Tiongkok sangat ketat membatasi jumlah film asing yang tayang di bioskop. Doraemon merupakan film layar lebar Jepang pertama yang muncul di bioskop semenjak sengketa Diaoyu/Senkaku yang muncul beberapa tahun silam.

Respons masyarakat Tiongkok cukup mencengangkan. Dalam waktu beberapa hari saja, pendapatan film Doraemon melebihi 160 juta yuan (lebih dari 3 milyar rupiah), hingga mengalahkan Avengers: Age of Ultron. Kebanyakan penonton adalah orang dewasa dan anak-anak.

Jepang dan Tiongkok sedang berusaha keras memperbaiki hubungan diplomatik yang tegang akibat sengketa perbatasan di kepulauan Senkaku/Diaoyu. Selain konflik wilayah, kedua negara juga terlibat persaingan militer. Kedua pemimpin negara Asia, baik Xi Jinping dan Shinzo Abe, menganjurkan pentingnya membina hubungan budaya yang baik antar warganya. Perlu diketahui Tiongkok dan Jepang memiliki simbiosis mutualisme dalam bidang ekonomi, sehingga hubungan baik antar kedua negara perlu dipertahankan.

Tanggapan yang sangat luar biasa besar terhadap film Doraemon mungkin menandakan awal mulainya sebuah persahabatan yang hangat antar Tiongkok dan Jepang, tapi itu masih asumsi yang terlalu dini. Tapi tetap saja, siapa yang mengira robot kucing biru nan lucu itu bisa menjadi pemersatu dua negara yang saling membenci satu sama lain?

Sumber: The Japan Times


Kolom #WibuPositif mengajak pembaca J-Cul melihat Jepang dari sudut pandang berbeda. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kesan bahwa Jepang itu hanya sebatas anime, manga, dan video dewasa. Kolom ini ditulis oleh Ahosan dan terbit tiap hari Rabu.

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya