Desain Kemasan Yang Memiliki Nilai Seni Di Jepang

Ketika menerima hadiah atau setelah membeli camilan di toko, kadang-kadang kemasannya sangat menarik dan membuat kita tidak  merobek kemasan atau pembungkus tersebut saat membukanya. Bahkan terkadang kita lebih mengagumi pembungkusnya daripada isinya, karena biasanya pembungkuslah yang membuat suatu barang mulai diminati, oleh karena itulah pembungkus suatu barang dibuat sangat kreatif dan banyak yang mengagumi kerja keras dan kreativitas yang dibuat untuk mendesain suatu pembungkus atau kemasan tersebut. Di Jepang banyak kemasan yang sangat menarik dan memiliki nilai seni yang sangat tinggi. Berikut adalah 10 produk yang memiliki kemasan yang indah dari Jepang, dan semuanya telah memenangkan di Pentawards, kompetisi desain kemasan di seluruh dunia., keren sekali ya J-Culer (>^_^)>

1. Ringo

1

Dirancang agar terlihat seolah-olah itu dibungkus dengan furoshiki, kain tradisional Jepang yang digunakan untuk membawa makanan atau hadiah, ini kotak apel segar dari Tsugaru Kota di Prefektur Aomori. Desain ini diciptakan untuk mengekspresikan wa no omotenashi, atau Jepang perhotelan dan memenangkan Pentaward Perunggu pada tahun 2012.

2. Glamorous Butterfly

2

Kecantikan paket ini  mungkin malu untuk mengaguminya di depan umum. Desain itu begitu menarik, bendapatkan emas dalam kategori Perawatan Kesehatan di tahun 2007.

3. Mikanz

3

3.3

Mikans, jeruk Jepang mandarin, adalah buah lezat di Jepang, biasanya dinikmati selama bulan-bulan musim dingin ketika meringkuk di bawah meja pemanas kotatsu. Pembungkus buah jeruk ini memenangkan penghargaan tahun tahun 2013, dengan  menambahkan ekspresi lucu pada setiap jeruk, menambahkan kesan yang tertahankan.

4. Funazushi

4

Dam kemasan paket ini berisi funazushi, tradisional fermentasi ikan mas hidangan dibuat di Shiga Prefecture. Pola jaring merupakan jaring ikan, namun bentuknya merupakan timbangan dari funa ikan mas dan juga melihat tumpukan funazushi berbaris dalam ember. Pegangan di atas dibuat agar terlihat seperti sirip ekor ikan. Pembuat funazushi memberikan produk lokal khusus dalam paket dengan banyak simbol tersembunyi untuk mengungkapkannya.

5. Gokuri

5

5.1

Mereka yang tinggal di Jepang mungkin mengenali kaleng kecil minuman jus ini. Gokuri adalah produk yang relatif baru yang tidak hanya jus biasa, tapi telah menambahkan potongan pulp untuk memberikan sensasi buah. Gokuri memiliki desain sederhana dan bentuk menarik, memenangkan itu Silver Pentaward tahun 2012. Tahun berikutnya, pisang Gokuri memenangkan Pentaward Perunggu untuk desain berwarna kuning.

6. JT Pianissimo

7

7.1

Produk diatas bukan merupakan kosmetik mewah atau bungkus permen karet, produk yang terlihat di atas adalah JT Pianissimo sebuah merek rokok di Jepang. Merokok bukan lah hal yang baik untuk dilakukan tapi karya seni pada kemasan rokok satu ini sangat indah dan layak untuk dikagumi.

7. Ito

8

Spread adalah  menciptakan kesatuan” yang terdiri dari Hirokazu Kobayashi dan Haruna Yamada. Pasangan ini telah membuat kemasan indah syal tenuntenun merek Ito, tapi keindahan kotak kemasan syal ini tidak kalah indah dengan syal yang ada didalamnya.

8. Iyemon-cha

6

Ada banyak merek teh hijau kemasan di Jepang, tapi kemasan teh hijau Iyemoncha telah memenangkan perak untuk desain bambunya. Dengan garis-garis vertikal halus, botol teh hijau ini terlihat meneyerupai bambu.

9. Nana’s green tea maccha latte

9

Sangat mewah pola kipas di kaleng maccha latte ini,  dibuat menyerupai chasen, alat kecil yang digunakan untuk mencampur teh hijau selama upacara minum teh tradisional Jepang. Desain sederhana namun elegan mendapatkan Pentaward Emas pada tahun 2010.

10. Kanpyo Udon

10

Kanpyo Udon berasal dari Prefektur Tochigi dan memiliki serat serutan labu kering. Kemasannya menampilkan gambar lucu dari salah satu labu yang terkenal Tochigi yang digambar dengan gaya kaligrafi. Tas ini memiliki loop halus, mewakili mie udon segar dan warna hitam menyamarkan string hitam dari kantong tersebut. Desain ini meraih Kanpyo Udon Pentaward Platinum di tahun 2009.

Sumber : en.rocketnews24.com

  1. kelompok 2
    2 tahun yang lalu

    Selamat sore mau bertanya. saya ada tugas di sekolah mau menanyakan :
    1. apakah menjadi seorang design merupakan hal yang menyenangkan?
    2. bagaimana prospek bisnis design kedepannya?
    3. apa harapan bapak/ibu untuk generasi selanjutnya ?

    terima kasih. kami tunggu jawabannya

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya