Cumi-cumi Raksasa Misterius di Jepang Berhasil Ditemukan

Tim peneliti asal Jepang berhasil menemukan dan memfilmkan seekor cumi-cumi raksasa pada akhir 2012 lalu di sekitar Kepulauan Ogasawara, yang berjarak 1.000 kilometer di selatan Tokyo. Rekaman film tersebut akan ditayangkan di AS. “Cumi-cumi tersebut bersinar dan tampak begitu indah,” ujar pemimpin tim peneliti tersebut, Tsunemi Kubodera, yang juga seorang zoologist di Museum Nasional Alam dan Ilmu Pengetahuan Jepang, yang dilansir dari LiveScience. Kubodera dan timnya juga membuat video live pertama dari cumi-cumi raksasa (Taningia Danae) di lingkungan alaminya.

vgta1ou-500x282
Mereka mengatakan binatang biolumescent itu sangat cepat, dan juga predator yang agresif. Kilatan cahaya dari cumi-cumi raksasa tersebut dapat membutakan mangsanya atau bahkan pasangannya. Kubodera, bersama dengan sebuah tim penyiar stasiun televise NHK dari Jepang dan juga tim dari Discovery Channel, menggunakan sebuah kapal selam dalam pencarian mereka untuk menemukan monster laut tersebut. Setelah pencarian cukup sulit, akhirnya tiga kru melihat seekor cumi-cumi raksasa berukuran tiga meter yang secara resmi disebut Architeuthis tersebut pada kedalaman sekitar 630 meter dan mengikutinya hingga ke kedalaman 900 meter. “Para peneliti di seluruh dunia telah lama mencoba menemukan cumi-cumi raksasa di habitat alaminya, namun semua upaya yang dilakukan sia-sia sebelum film ini berhasil dibuat. Dengan rekaman ini kami berharap dapat menemukan lebih banyak tentang kehidupan spesies ini,” lanjut Kubodera.

squid25tvf-1-web

Cumi-cumi raksasa tersebut memiliki gigi penghisap setajam silet dan mata berukuran bola basket dan telah diyakini tubuhnya dapat tumbuh lebih dari 10 meter panjangnya.
Makhluk itu sebelumnya diyakini hanya ada dalam misteri dan legenda, yang mungkin menginspirasi legenda Norse tentang monster laut Kraken dan bahkan legenda Skilla dalam mitologi Yunani. Rekaman film tersebut telah diputar perdana di Discovery Channel pada tanggal 27 Januari 2013 pukul 8 malam waktu setempat di episode terakhir dari acara ‘Curiosity’ dengan diberi judul ‘Monster Squid: The Giant Is Real’..

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya