Cheerleader Cowok Ala Jepang

Ōendan(Ouendan), secara harfiah berarti “skuad bersorak” atau “ seksi bersorak”, pada umumnya konsep Ōendan hampir sama dengan cheerleader yang telah ada. Tapi pada Ōendan, sorakan tidak sekedar hanya gerakan, tapi juga berupa suara. Ōendan biasanya di dukung dengan bantuan drum taiko, tiupan terompet, lambaian bendera, spanduk dan berteriak menggunakan megafon plastik. Hal ini dilakukan untuk mendukung tim olahraga dari sekolah tersebut. Ōendan juga biasanya di padukan dengan sorakan dari tim cheerleader (pom-pom girl).

cheerleader_cowok

cheerleader_cowok_1

Ōendan tidak hanya digunakan untuk mendukung dan memberi semangat tim kesayangan mereka sendiri, tetapi juga untuk memimpin para suporter untuk menggoda, mengejek, melemahkan mental dari tim musuh juga beserta para suporternya. Ōendan dalam jumlah kecil kadang-kadang disebut ōenbu atau “klub bersorak”.

Di Jepang, Ōendan atau ōenbu dapat ditemukan di sekolah SMA, perguruan tinggi dan universitas, serta dalam kegiatan non-akademis seperti klub antar olahraga, klub penggemar olahraga profesional, dan sebagainya. Banyak sekolah menyelenggarakan kompetisi Ōendan pada hari olahraga “sports day event”.

Ōendan biasanya tampil mengenakan seragam hitam (berdasarkan seragam sekolah Jepang Gaku-ran) dengan ban lengan berwarna merah atau warna lainnya.

cheerleader_cowok_2

cheerleader_cowok_3

cheerleader_cowok_4

cheerleader_cowok_5

 

Video-video para Ōendan:

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya