Cara Meminta Maaf Orang Jepang

Kalau berbuat kesalahan atau berjanji tapi tak ditepati, apa kira-kira yang akan anda lakukan kepada teman anda ?

Biasanya kita langsung meminta maaf, dan menyebutkan alasannya. Ini cara yang barangkali dipakai oleh hampir semua penduduk bumi. Tapi saya yakin lain negara, lain pula budayanya. Demikian pula budaya minta maaf yang unik di Jepang.

Gaya meminta maaf di Jepang berbeda tergantung besarnya kesalahan.

1. Jika cuma menyenggol, biasanya hanya dengan mengucapkan `sumimasen(=maaf)` atau `gomen nasai` (maaf) sambil mengangguk.

 

1

 

 

 

2. Antar teman jika lalai dalam berjanji, cukup mengucapkan : `gomen ne, osoku natta` (maaf ye, telat).

 

Sungkyukwan Scandal Lesson (7)

 

 

3. Salah dalam membaca nama orang, biasanya dengan mengucapkan : `shitsurei itashimashita`(=maaf, saya lancang).

 

3

 

 

4. Jika kesalahannya dalam bentuk pelayanan yang tidak memuaskan, biasanya orang Jepang akan mengucapkan : `moushiwake gozaimasen`(=maaf, yang sedalam-dalamnya) sambil membungkuk.

 

4

 

 

5. Lalu jika kesalahannya sampai menimbulkan korban jiwa, sakit, cacat, atau yang parah lainnya, apalagi kalau penyebabnya adalah perusahaan, maka seluruh jejeran manajer mengadakan siaran pers, lalu menjelaskan penyesalan yang biasanya disertai linangan air mata, yang kemudian diakhiri dengan ucapan : `moushiwake gozaimasen` sambil membungkuk 90 derajat dan lama (5 menit kali).

 

Meminta maaf dan menerima maaf adalah sikap yang memerlukan proses. Ketika berbuat salah kepada orang lain, tidak semua orang secara spontan mengucapkan `maaf`, karena mungkin dia masih berfikir bahwa itu bukan salahnya. Padahal meminta maaf sekalipun memang bukan salah kita, bisa memadamkan api pertikaian. Menerima maaf, mendadak setelah kejadian yang menyakitkan, biasanya sangat susah, karena masih perih akibatnya. Tapi waktu yang akan membuat semuanya menjadi lumer. Sayangnya banyak yang tidak mau berfikir panjang dan dalam, betapa nikmatnya memaafkan, padahal Allah sudah memberi waktu yang lama untuk hidup dan merenungi.

 

sumber : http://murniramli.wordpress.com/2007/04/14/minta-maaf-ala-jepang/

Trackbacks/Pingbacks

  1. 5 Cara Meminta Maaf Orang Jepang - Sebarkanlah Fakta Unik

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya