Burger Dan Hotdog Ala Jepang, Perpaduan Antara Citarasa Barat dan Timur

Di restoran YO! Sushi, ada rangkaian sushi burger. Seperti bisa ditebak, isiannya berupa daging ikan salmon, tilapia, atau udang. Ada juga yang mengandung ayam atau tofu. Namun tak hanya itu, roti burgernya juga terbuat dari nasi yang dibentuk lalu dipanggang. Isiannyapun menambah citarasa eksotis Asia di lidah. Contohnya adalah Prawn YO! Burger. Potongan udang disajikan di atas kol dan dibumbui dengan mayones kari, taburan daun bawang, serta potongan beni shoga (acar jahe warna merah dengan potongan korek api).

sushi-burger

Burger lain yang tak kalah unik adalah Salmon YO! Burger yang berisi kimchi salmon, selada, kimchisayuran, serta topping mayones dan suwiran nori (lembaran tipis rumput laut). Harganya Rp 121.000, sudah termasuk salad irisan lobak dan mayones, keripik rumput laut sebagai pengganti kentang goreng, danmisotchup (saus yang terbuat dari miso). Kalorinyapun jauh lebih rendah dibanding burger biasa. Big Mac, misalnya, mengandung 1.000 kalori, sementara sushi burger di YO! Sushi hanya 312-423 kalori. Ada juga burger yang diberi nama Osaka Burger.Dulu burger ini dikenal sebagai Ume Chicken, menu paling populer di Osaka Burger Kaen Hanamaru.

burgerfusiondalam

Osaka Burger menggunakan makanan khas Osaka, okonomiyaki, sebagai pengganti roti burger. Isiannya terdiri dari patty ayam, telur goreng dengan daun shiso, serta topping saus plum (bainiku sauce). Osaka Burgerpun dimasukkan dalam tiga besar makanan khas Osaka oleh Agensi Wisata Jepang. Perkawinan hidangan Amerika dan Jepang juga terlihat di tanah air. Tokyo Belly, restoran Jepang modern di Grand Indonesia Jakarta, menghadirkan J-Dog atau hot dog dengan sentuhan Jepang. Berbeda dengan kedua burger tadi, hot dog di sini masih menggunakan roti standar. Sosisnya digoreng dengan tepung tempura sehingga renyah di luar dan empuk di dalam. Toppingnyalah yang memberikan sentuhan Asia, seperti nori, katsuoboshi (fish flake), kimchi, daun bawang, bawang putih goreng, wijen hitam, atau alpukat. Aneka seafood seperti udang, tuna, dan kepiting juga ditambahkan di beberapa variannya. Mayonesnyapun diberi sentuhan Jepang dengan mencampurkan tobiko (telur ikan) dan miso. Saus teriyaki dan saus cabaipun tak ketinggalan.

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya