Bunkasai ke-9 Sastra Jepang Universitas Andalas

Bunkasai9Unand

Festival Kebudayaan Jepang atau yang lebih dikenal dengan “Bunkasai” merupakan acara yang digelar oleh Mahasiswa Jurusan Sastra Jepang Universitas Andalas (UNAND) di setiap tahunnya.  Bunkasai kali ini, diselenggarakan oleh Mahasiswa angkatan 2011 dan berlangsung pada tanggal 2 hingga 4 April kemarin. Beragam perlombaan pun diselenggarakan untuk pelajar maupun mahasiswa. Beberapa perlombaan tersebut antara lain Lomba Cerdas Cermat bagi pelajar, Lomba Kanji, Lomba Anime, Lomba Dounjinshi, Lomba Shuji (Kaligrafi Jepang), Lomba Rodoku (Membaca Cerita), dan berbagai acara tambahan lain yang juga tidak kalah menarik. Juga tidak lupa Kontes Menyanyi yang merupakan salah satu acara yang sangat dinanti bagi mereka yang mencintai musik Jepang.

Bunkasai 9 Unand_30

Festival Bunkasai UNAND ini menyajikan 2 bentuk acara, yaitu acara formal dan acara non-formal. Dari acara formal beragam perlombaan untuk pelajar dan mahasiswa pun disuguhkan. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk memupuk dan mewadahi berbagai kreatifitas orang-orang tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan budaya Jepang. Hari terakhir pun di isi oleh kegiatan yang berbentuk non formal sekaligus menjadi acara puncaknya,

Nah, disini nih serunya, selain sebagai lanjutan Kontes Menyanyi, Bunkasai ke-9 ini ditutup dengan penampilan beberapa band dan tentu saja, Cosplay Contest! Ini merupakan acara yang paling ditunggu-tunggu lho. Auditorium UNAND pun menjadi sesak akan penonton, dan suasana menjadi lebih meriah, apabila kita bandingkan dengan hari-hari sebelumnya. Jika di hari pertama dan kedua pengunjung disuguhi acara akademik dan kreatifitas, di hari ketiga justru sebaliknya, yaitu acara refreshing. Cosplayer yang unik dan menarik pun muncul dari berbagai peserta. Akhirnya, di penghujung acara, panitia acara mengumumkan pemenang-pemenang dari setiap lomba yang diadakan pada hari sebelumnya, dan ditutup dengan foto bareng panitia dan peserta.

Bunkasai Unand ini tidak hanya bergerak sendiri lho, tapi mereka juga bekerja sama dengan berbagai pihak. Salah satunya yaitu dengan komunitas Pencinta Jepang di Kota Padang, yaitu Akamaru. Komunitas yang telah berdiri selama 9 tahun ini turut serta dalam berbagai acara seperti penampilan Cover Dance Perfume dan Cosplay Cabaret “Hetalia Axis Power”. Dan tentu saja anggota-anggota Akamaru juga turut berpartisipasi dalam Cosplay Contest.

Berikut photo shoot dari acara bunkasai :

Kamen Rider yang bela-belain cuti buat datang ke Bunkasai UNAND.”

Bunkasai 9 Unand_1

Bunkasai 9 Unand_2

Bunkasai 9 Unand_3

Stand-stand di acara ini

Bunkasai 9 Unand_4

Bunkasai 9 Unand_5

Bunkasai 9 Unand_6

 

“Lomba cerdas cermat tingkat SMA, ayo semangat!”

Bunkasai 9 Unand_7

“Hasil Lomba Anime, banyak buaaanget yg bagus-bagus.”

Bunkasai 9 Unand_8

Protes pun tak dilarang, hehehhe

Bunkasai 9 Unand_9

“Cosplay Cabaret “Hetalia”

Bunkasai 9 Unand_29

Bunkasai 9 Unand_10

Bunkasai 9 Unand_11

“Hetalia” ber-Harlem Shake , XDD

Bunkasai 9 Unand_12

“Acara yang paling di tunggu-tunggu, Cosplay Contest!

Bunkasai 9 Unand_14

Bunkasai 9 Unand_15

Bunkasai 9 Unand_16

Bunkasai 9 Unand_18

Bunkasai 9 Unand_19

Foto bersama para cosplayer

Bunkasai 9 Unand_20

Bunkasai 9 Unand_21

Bunkasai 9 Unand_22

“Cosplayer dari Akamaru”

 

Bunkasai 9 Unand_23

Bunkasai 9 Unand_24

Bunkasai 9 Unand_25

Bunkasai 9 Unand_26

Bunkasai 9 Unand_27

Panitia Acara

Bunkasai 9 Unand_28

My bear still alone 😀

Bunkasai 9 Unand_31

Bunkasai 9 Unand_13

 

Sumber:

Aritikel Live Report dari Kaze

Kaze

  1. ginahanari
    3 tahun yang lalu

    kreatif ya,,perlu dana besar juga

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya