Buku “Panduan “ Bunuh Diri Beredar di Jepang

Buku yang ditulis oleh Wataru Tsurumi dalam bahasa Jepang ini berjudul  (完全自殺マニュアル) “Kanzen Jisatsu Manyuaru, lit. Complete Suicide Manual” atau “The Complete Manual of Suicide”. Buku ini pertama kali terbit pada 4 Juli 1993 dan terjual di pasaran hingga lebih dari 1 juta eksemplar. Buku yang terdiri dari 198 halaman ini berisi tentang penjelasan panjang lebar dan analisa dari cara-cara bunuh diri yang ada, misalnya meminum racun, menggantung diri, meloncat dari ketinggian, atau menghirup gas beracun karbon monoksida.

Dalam buku ini dijelaskan kekurangan dan kelebihan dari masing-masing metode bunuh diri. Kekurangan dan kelebihan yang dimaksud adalah manakah metode bunuh diri yang paling tidak menyakitkan dan manakah yang paling menyakitkan. Selain itu juga dijelaskan persiapan apa saja yang diperlukan jika akan melakukan bunuh diri dengan metode tertentu, bagaimana keadaan mayat setelah proses bunuh diri itu dan seberapa rasa sakit yang dihasilkan oleh masing-masing metode.

Wataru Tsurumi

 

Dalam menghadapi tingginya angka bunuh diri, Tsurumi punya cara pandang berbeda. “Orang-orang selalu mempertanyakan mengapa mereka bunuh diri? tidak akan ada jawaban untuk ini. Sekarang mengapa kita tidak bertanya kenapa kita tidak boleh membunuh diri kita sendiri? Kenapa kita harus tetap hidup?,” katanya.

 

 

Meski mendukung bunuh diri, Tsurumi menentang bunuh diri berkelompok yang marak di Jepang. Sekelompok orang yang bertemu di internet membuat janji untuk bunuh diri bersama. “Kamu harus membuat keputusan sendiri untuk hidupmu,” tegasnya. Pria berambut gondrong itu menegaskan, sebenarnya dia ingin pembaca bukunya tetap hidup. Karena dia ingin pembaca menjadikan bukunya sebagai jalan terakhir bagi orang yang hidupnya tertekan. Buku yang telah menginspirasi sebuah film dengan judul yang sama pada tahun 2003 ini jelas bukan bacaan yang direkomendasikan untuk umum.

 

 

Sumber: rumorfriends.blogspot.com

 

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya