Bonsai, Miniatur Tanaman yang Unik

Ada yang tau bonsai itu apa?
Ya bener banget, bonsai adalah miniatur tanaman yang tumbuh di dalam pot yang merupakan karya seni yang menyerupai pohon di alam (▼о▼メ)ゞ.
Nah, untuk menciptakan karya seni yang menakjubkan maka perlu dilakukan pemotongan pada bagian daun, cabang serta akar yang keluar dari pot (-_☆).

Pertama kali bonsai dibudidayakan oleh orang Cina untuk tujuan estetika, tapi kini bonsai telah banyak dibudidayakan di Jepang ヾ(´▽`*)ゝ. Dikatakan dalam sejarah, bonsai mencapai Jepang sekitar abad ke-6 dan ke-7 yang dibawa oleh Buddhisme.


Bonsai ini dikelompokkan dalam tiga kategori:

Bonsai satu tangan, yaitu bonsai berukuran 5 sampai 15 cm yang biasa disebut Mame atau Shohin dan popular disebut Bonsai Mini (*゚ρ゚)ゞ.

Bonsai dua tangan yaitu bonsai yang berukuran 16 sampai 60 cm yang disebut Kotate, untuk ukuran 30 cm disebut mochi atau Komono, dan ukuran 60 cm disebut Chumono.


Bonsai empat tangan, bonsai ini berukuran 60 cm sampai 1,20 m dan harus dibawa dengan empat tangan, biasanya disebut Omono Japan tanda kemakmuran pemiliknya.

Budidaya bonsai lebih sulit dari pada membudidayakan pohon besar, karena pot kecil tanahnya akan cepat kering, jadi memerlukan perawatan yang konstan terutama di musim panas.

Mau nyoba membudidayakan bonsai yang mana?

Sumber : bonsai

 

  1. Ravenitsu Kouzimaru
    5 tahun yang lalu

    keren dah, nice pic, nice info….,(Y)

    Reply
  2. Anonymous
    2 tahun yang lalu

    harga bonsai kering ukuran small medium berapaan ?

    Reply

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya