Template header Ying Tze

Bincang Bareng Om Richard Bersama Ying Tze (International Cosplayer From Malaysia)

YingTze

 

Konnichiwa JCulers, apa kabar? lagi-lagi Richard ingin menyumbang hasil tanya-tanya dia dengan cosplayer internasional. Nah langsung aja simak yaaa~~

 

Halo… Saya balik lagi, kali ini Bincang Bareng Om Richard berkesempatan berbincang dengan salah 1 cosplayer internasional yang sudah sering berkunjung ke Indonesia. Yap, ayo kita sambut ini dia Ying Tze

Untuk kalian yang sudah lama mengidolakan Ying Tze pasti  udah pada tau dong  kalau Ying Tze punya bestie yang sering diajak untuk menghabiskan waktu bersama, yup… dia adalah Miss Hermes. Untuk kalian yang belum pernah lihat Ying Tze mode normal dan Miss Hermes, silahkan pantengin foto dibawah ini:

 

Gimana? mereka berdua cantik yaa..

Trus juga… kalian udah pernah liat Ying Tze dalam mode off cosplay belum J-Culers? kalau belum, ini dia fotonya:

http://farm9.staticflickr.com/8161/7454525422_4924000247_z.jpg

Kyaaaa~~ <3 tetap cantik yaaaa >,<”

 

nah, gausah berlama-lama, kita langsung aja masuk ke sesi bincang-bincang yaa

 

Om Richard (OR): “Sejak kapan anda mulai cosplay? bisakah ceritakan sejarah awal-awal kisah cosplay anda?”

Ying Tze (YT): “Saya bisa tau tentang cosplay melalui majalah lokal pada tahun 2003 yang menampilkan cosplayer dari Jepang Arisa Mizuhara dan Kipi. Majalah ini juga menampilkan cosplay dan acara di Malaysia bernama Comic Fiesta. Sedangkan untuk cosplaynya sendiri, saya mulai cosplay tahun 2005 namun sayangnya tidak ada acara cosplay di tempat saya waktu itu dan saya hanya cosplay sekali saja dan itu bukan di acara cosplay melainkan di pesta ultah teman saya, lol!. Pada tahun 2008 saya mulai belajar bagaimana cara membuat kostum dan… sisanya adalah sejarah.

 

OR: “Apa yang membuat anda tertarik dengan cosplay? sampai saat ini, karakter yang paling anda sukai ketika sedang meng-cosplay-kannya itu apa sih kalo boleh tau?

YT: “Saya adalah penggemar berat anime, komik dan games sejak remaja, dan anime pertama yang saya tonton adalah Sailormoon. Saya juga tau tentang game karena kakak lelaki saya. Dia memainkan banyak sekali game dan saya sangat menikmati saat menontonnya bermain. Dulu sebelum cosplay biasanya saya menyalurkan kesukaan saya terhadap anime, komik dan games dengan cara menggambar. Yahh gambar saya memang enggak terlalu bagus tapi saya menikmatinya. Dan akhirnya saya mengenal cosplay. Saya rasa cosplay itu menarik karena kita bisa memerankan karakter yang kita sukai di dunia nyata.

Kalau tentang karakter yang paling saya sukai dari semua yang pernah saya cosplaykan, hmm.. Saya cosplay karakter yang saya suka saja, jadi semua karakter yang saya suka saya cosplay-in, jadi saya enggak bisa memilih salah satu.

 

OR: “Siapa seseorang yang menjadi inspirasimu di dunia cosplay?”

YT: “Setiap tahun selalu ada orang yang menginspirasi saya dalam ber cosplay tapi inspirasi terbesar saya adalah Pinky Lu Xun dari Indonesia! (baca: Bincang Bareng Om Richard bersama Pinky Lu Xun – Red) . Saya tau Pinky saat saya mencari tutorial “How to do Cosplay Make Up” di internet dan blog-nya Pinky muncul. Dia membuat sendiri kostumnya dan semua hasil kostumnya sangat menakjubkan. Dia sangat menginspirasi saya karena sangat bekerja keras dalam pembuatan kostumnya, dia juga sangat baik dan rendah hati dan juga dia adalah guru yang baik. Saya selalu belajar darinya bagaimana cara dia membuat kostum, dia benar-benar orang yang luar biasa!

 

OR: “Biasanya dalam suatu acara, anda diperkenalkan dengan nama Ying Tze. Kenapa menggunakan nama itu? apakah pernah menggunakan nama lain?”

YT: “Ying Tze adalah namaku yang sebenarnya hahahaha!”

 

OR: “Pernah jadi peserta lomba cosplay?”

YT: “Pernah, beberapa tahun lalu saya mengikuti lomba cosplay di kota tempat saya tinggal.”

 

OR: “Selain cosplay, punya ketertarikan lain?”

YT: “Selain cosplay, saya senang main game. Saya punya PS4 dirumah, jadi saat saya sedang tidak membuat kostum, saya akan menghabiskan waktu dengan bermain games. Saya paling suka suka game bergenre RPG, Action dan Horror. Games yang saya sukai contohnya BioShock Infinite , The Last Of Us , Final Fantasy series , Resident Evil , Call of Duty and Silent Hill.

 

OR: “Oh iya, Ying Tze udah berapa kali sih ke Indonesia?”

YT: “Pertama kali datang ke Indonesia itu saat AFAID 2012, sejak saat itu saya telah 8 kali mengunjungi Indonesia. Saya pernah ke PekanBaru , Surabaya, Jakarta dan Medan. Saya sangat beruntung, saya berharap dapat mengunjungi lebih banyak tempat lagi di Indonesia.”

 

OR: “Wahh, udah sering ke Indonesia yaa, menurut Ying Tze… Indonesia itu gimana sih? dari makanannya, masyarakatnya dan tempatnya.”

YT: “Indonesia adalah salah satu negara favorit saya untuk acara cosplay! Ketika saya pertama kali mengunjungi Jakarta untuk AFA Indonesia 2012, saya ingat waktu itu saya menjadi benar-benar sangat pemalu, tapi saya sangat senang karena semua orang begitu hangat dan ramah di sini! Saya berpikir bahwa cosplayer Indonesia yang sangat berbakat dalam pembuatan kostum dan pertunjukannya juga. Saya selalu berharap untuk dapat menghadiri acara di Indonesia!

Sedangkan untuk makanan~ saya hanya sempat mencoba Nasi Padang, lol! Ini sangat mirip dengan nasi campur yang kita miliki di Malaysia! Umumnya, makanan Indonesia itu cukup pedas, bibirku akan membengkak jika saya memakan makanan pedas ;; Saya sangat berharap saya bisa mencoba makanan yang tidak pedas di masa depan!

 

OR: “Event yang paling berkesan sampai saat ini bagi Ying Tze event apa?”

YT: “Setiap acara mengesankan bagi saya karena saya bisa bertemu cosplayer yang berbeda dari berbagai negara dan dari mereka semuanya unik dengan cara mereka sendiri. Dalam acara ini juga saya bisa bertemu banyak orang yang menikmati dan menghargai karya kostum saya dan dengan melihat mereka menghadirkan senyum di wajah saya 🙂

 

OR: “Nah, pertanyaan berikut ini  mungkin akan sulit anda jawab… Kapan anda berhenti cosplay?”

YT: “Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit……..  mungkin ketika mesin jahit saya meledak? hahahahaha!”

 

========= LET’S TAKE A BREAK ==========

 

OR: “Seorang Ying Tze punya makanan & minuman favorit enggak sih?”

YT: “Saya suka SEMUA makanan enak dan TIDAK PEDAS! Kalau untuk minuman saya suka Pearl Milk Tea !”

 

OR: “Ying Tze punya hewan peliharaan?”

YT: “Saya punya 6 kucing dirumah. Fatty , Scrawney , Trumpet , Stumpy , Orange and Whitey !”

 

– Berikut ini foto Ying Tze dan beberapa kucing kesayangannya –

 

IMG_2262

http://farm8.staticflickr.com/7022/13165318733_839c8e04e4_z.jpg

 

OR: “Kita lanjut lagi, gimana sih cara anda menghadapi haters?”

YT: “Saya tidak tahu apakah ada orang yang membenci saya, lol. Bagi saya, saya percaya pada “resep rahasia dimana hal itu adalah fokus pada hal-hal positif dalam hidup saya. Saya akan mencoba yang terbaik untuk melakukan apa yang saya sukai dan tetap positif selalu!”

 

OR: “Arti fans untuk anda?”

YT: “Saya tidak akan menyebut mereka sebagai penggemar” karena bagi saya, saya benar-benar menghargai semua orang yang menyukai cosplay saya dan karya kostum saya! Mereka adalah orang-orang yang menghibur saya dan memotivasi saya untuk bekerja lebih keras~ Terima kasih semua yang telah mendukung saya selama bertahun-tahun!

 

OR: “Ada pesan-pesan untuk cosplayer Indonesia, untuk penggemar anda & untuk orang-orang yang ingin memulai cosplay karena melihat cosplay anda?”

YT: “Selalu memulai dari hal yang kecil~ mungkin mengambil proyek cosplay sederhana untuk pertama kalinya. Anda dapat mencoba menghadiri acara dan mengamati kostum cosplayer lain, make-up dan styling wig. Itu cara yang baik untuk mendapatkan inspirasi dalam memulai proyek cosplay Anda! Yang paling penting, jangan lupa untuk bersenang-senang!

 

OR: “Menurut pendapat anda… cosplay itu apa sih?”

YT: “Bagi saya cosplay adalah hobi yang sangat menarik yang menggabungkan berbagai macam jenis keterampilan. Saya belajar banyak hal dari cosplay yang mungkin saya tidak akan pernah tahu bagaimana membuatnya jika saya tidak menemukan hobi ini (cosplay-red). Sebagai contoh: saya belajar menjahit, membuatan pola, pembuatan armor dasar, make-up dan styling wig melalui cosplay.

Setiap kostum merupakan sebuah proyek baru di mana saya bisa belajar sesuatu yang baru~ Saya selalu sangat senang membuat kostum baru dan mencoba berbagai jenis bahan.”

 

OR: “Seorang Ying Tze pernah di bully gara-gara cosplay?”

YT: “Nggak~ teman-teman saya tahu bahwa saya penggemar berat anime, manga dan game~ Bercosplay adalah hobi sama seperti hobi lain, saya pribadi merasa cosplay-lah yang mengajarkan saya banyak jenis keterampilan!”

 

OR: “Kalau bukan jadi cosplayer, kira-kira Ying Tze bakal jadi apa?”

YT: “Jika saya tidak menjadi seorang cosplayer~ saya pikir saya akan menjadi full-time gamer! Saya sangat suka bermain game~ tapi untuk saat ini saya harus menyeimbangkan waktu antara kuliah, pembuatan kostum dan sedikit waktu untuk game :) ”

 

OR: “Apakah anda tertarik untuk melakukan sesuatu di samping kegiatan cosplay? seperti modeling, atau main film / sinetron?”

YT: “Saya belum memikirkan sejauh itu, lol! Untuk saat ini saya hanya seorang gadis sederhana yang suka membuat kostum dan bercosplay!”

 

OR: “Nahh, kita sampai di pertanyaan terakhir. Pertanyaan terakhir: Setelah semuanya ini, apa tujuan Anda selanjutnya?

YT: “Tujuan hidup saya berikutnya adalah mendapatkan gelar di Fashion Design tahun ini!

OR: “Ok Ying Tze, terimakasih atas waktunya, semoga sukses dalam karir dan study anda kedepannya.”

 

– fin –

 

Om Richard & Ying Tze

 

 

 

 

Nah, J-Culers. Itu tadi Bincang Bareng Om Richard bersama Ying Tze, semoga dari perbincangan diatas dapat menginspirasi kalian yang ingin juga memulai cosplay.

 

Dibawah ini ada beberapa foto Ying Tze dalam berbagai style, kalian pada suka yang mana nihh J-Culers?

 

 

 

 

 

=====================================

 

 

 

========= Pernah lihat Ying Tze crossplay? ==========

 

 

Ying Tze as Ahri~~ lovely lovely~~

 

 

Oke sahabat J-Cul, sampai ketemu di Bincang Bareng Om Richard berikutnya ya…

 

 

Sumber: Ying Tze herself & facebook.com

Tinggalkan komentar jculers

Alamat email jculers tidak pernah dipublikasikan, fields yang bertanda * harus diisi.

Artikel lainnya